STRUKTUR NOVEL 7 PRAJURIT BAPAK KARYA WULAN NURAMALIA DAN RANCANGANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Authors

  • Siska Meirita Lampung University image/svg+xml
  • Eva Berliana Univerisitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i5.566

Keywords:

Struktur, Novel, Rancangan Pembelajaran.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa yang dimaksud dengan struktur dalam novel “7 Prajurit Bapak” karya Wulan Nuramalia dan mendeskripsikan desainnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur novel “7 Prajurit Bapak” karya Wulan Nuramalia. Struktur Robert Stanton merupakan teori yang mengelompokkan struktur karya sastra ke dalam sana, yaitu fakta cerita, tema, dan perangkat sastra. Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan oleh para pendidik sebagai desain pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode tinjauan isi dan menggunakan novel “7 Prajurit Bapak” karya Wulan Nuramalia sebagai sumber data. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa fakta cerita, tema dan perangkat sastra dalam novel “7 Prajurit Bapak”. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik pustaka. Teknik observasi dilakukan dengan membaca secara cermat dan kritis setiap dialog dalam novel dan teknik pustaka dilakukan dengan membaca referensi dari buku-buku Robert Stanton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel “7 Prajurit Bapak” karya Wulan Nuramalia ditemukan data mengenai struktur yang dikemukakan oleh Robert Stanton berupa fakta cerita, tema dan perangkat sastra dengan ditemukan 246 data. Fakta cerita meliputi alur, tokoh, dan latar. Bagian perangkat sastra meliputi judul, sudut pandang, gaya dan nada, simbolisme, dan ironi. Struktur novel tersebut kemudian dirancang dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk kelas SMA.

References

Agustina. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 11(1), 1–11.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Utilization of artificial intelligence in scientific writing. Journal of Technology Global, 1(2), 131–140.

Atar. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo, 11, 121.

Chadijah, S. (2022). Interferensi bahasa dalam komunikasi massa Dedi Mulyadi di channel youtube Kang Dedi Mulyadi. Jurnal Bisnis, 10(1), 140–152.

Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 161–174.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 579–594.

Jannah dkk. (2018). Pemahaman Struktur Cerpen Kenang-Kenangan Seorang Wanita Pemalu Karya Rendra di SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 6(1), 1–10.

Jumiati, E. (2024). Women’s Empowerment, Social Inclusion, And Attitude Change Through A Study Of Sekoper Cinta Model In Cibogo Hilir Village Plered Purwakarta. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1568–1576.

Kartika, I. (2018). The Relationship Between Jigsaw Cooperative Learning Method And Parents Attention With English Learning Achievement Student In Public Junior High School 4 Bogor. 2 Nd English Language and Literature International Conference (ELLiC)., 2(2), 313–320.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 144–157.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Nurfalah, U. S. (2021). Kajian Struktural Cerpen Karangan Siswa Kelas Ix Mts Al-Furqon Klari Karawang Sebagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Metamorfosa, 9(1), 14.

Nurgiyantoro. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna. (2014). Peran Sastra, Seni, Dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saepudin, S. (2020). Manajemen kompetensi dosen berbasis Islam dalam mewujudkan perguruan tinggi bermutu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 089–101.

Saepudin, S. (2021). Improving the Ability to Understand the Quran Reading through the Application of the Mind Map Method during the Covid 19 Pandemic in Al-Qur’an Education Institutions Qurrota A’yun at Kutaraja Village, Maleber District, Kuningan Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 14331–14338.

Saepudin, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Etos Kerja Dosen Perguruan Tinggi Islam Di LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat Indonesia. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Unisa Kuningan, 3(3), 255–273.

Sayuti. (2000). Apresiasi Prosa Fiksi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Stanton. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijayanti. (2017). Keterkaitan Tema dengan Tokoh dalam Novel Dedaisme Karya Dewi Sartika. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(2), 173-184.

Wulandari, D., & Munaris. (2017). Fakta Cerita dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Implikasinya. Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, c, 1–8.

Wulandesember dkk. (2023). Kajian Struktural Novel Sepatu Dahlan Karya Krisna Pabicahara Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 298-304.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Artikel

How to Cite

STRUKTUR NOVEL 7 PRAJURIT BAPAK KARYA WULAN NURAMALIA DAN RANCANGANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(5), 665-683. https://doi.org/10.57171/jt.v5i5.566