HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN MARTAPURA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i3.560Keywords:
Disiplin Belajar, Prestasi Belajar.Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan disiplin belajar peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS. Ada banyak faktor yang berhubungan dengan proses pembelajaran, salah satu diantaranya adalah disiplin belajar. Tanpa adanya faktor disiplin belajar proses pembelajaran dimungkinkan mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Model penelitian yang digunakan adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Martapura Timur yakni berjumlah 18 sekolah dasar yang berjumlah 612 peserta didik dan diambil sampel sebanyak 135 peserta didik secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data disiplin belajar adalah skala disiplin belajar peserta didik yang berjumlah 30 item dan diujicobakan pada 45 peserta didik. Uji validitas instrumen menggunakan teknik expert judgement. Reliabilitas instrument ini diketahui dengan menggunakan Croanbach’s Alpha. Untuk mengumpulkan data nilai pelajaran IPAS menggunakan teknik dokumentasi nilai rapor IPAS semester gasal dengan meminta kesediaan pihak sekolah. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji linearitas dan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPAS peserta didik kelas IV SD se-Kecamatan Martapura Timur. Besarnya hubungan atau korelasi antara variabel disiplin belajar dengan prestasi belajar yang ditunjukkan pada Pearson Correlation sebesar 0,845 dan nilai P 0,00<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel disiplin belajar dengan prestasi belajar.
References
Aji. (2017). Pengaruh disiplin belajar dan rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus 5 Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Arifudin, O. (2024). Utilization of artificial intelligence in scientific writing. Journal of Technology Global, 1(2), 131–140.
Aslianda. (2017). Hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 236-243.
Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.
Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 221–232.
Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.
Ropitasari, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Karakter Religius Pada Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12, 1–14.
Saepudin, S. (2019). The Effect of Work Ethic on The Professional Competences of University Lecturers at Jakarta of Indonesia. First International Conference on Administration Science (ICAS 2019), 327–332.
Saepudin, S. (2020). Manajemen kompetensi dosen berbasis Islam dalam mewujudkan perguruan tinggi bermutu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 089–101.
Saepudin, S. (2021). Improving the Ability to Understand the Quran Reading through the Application of the Mind Map Method during the Covid 19 Pandemic in Al-Qur’an Education Institutions Qurrota A’yun at Kutaraja Village, Maleber District, Kuningan Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 14331–14338.
Saepudin, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Etos Kerja Dosen Perguruan Tinggi Islam Di LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat Indonesia. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Unisa Kuningan, 3(3), 255–273.
Saputri. (2016). Hubungan disiplin belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.
Zahraini. (2018). Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar murid pada mata pelajaran PKn Kelas IV MI DDI 1 Palopo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dodiet Enggar Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












