PEMETAAN MUNCULNYA PEMIKIRAN AGAMA ISLAM MODERN DALAM SEJARAH ISLAM

Authors

  • Rudi Hartono Sekolah Tinggi Ilmu Shuffah Al Quran Abdullah Bin Masud Online

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.505

Keywords:

Pemikiran Agama Islam, Modern, Sejarah Islam

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah nilai-nilai modernisasi dalam Islam memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan umat Islam. Gerakan pembaruan yang dimulai dan diperjuangkan oleh para pemikir reformis, yang tersebar di negara-negara Islam, menumbuhkan kesadaran di kalangan umat Islam untuk bergabung dalam gerakan tersebut. Hal ini kemudian mendorong kebangkitan dunia Islam, baik dalam bidang ilmu pengetahuan, pendidikan, politik, serta memicu munculnya gerakan perlawanan terhadap penjajahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan munculnya pemikiran agama islam modern dalam sejarah islam. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran modern dalam Islam menjadi wacana yang membuka jalan bagi perubahan mendasar, mengubah Islam dari sekadar nilai ajaran menjadi penggerak utama bagi perubahan itu sendiri. Pemikiran modern Islam ini melibatkan transformasi nilai-nilai yang bersifat dinamis dan terkadang memerlukan perubahan struktur atau tatanan yang sudah mapan namun tidak memiliki dasar kuat dari sumber utama, yaitu Al-Qur’an dan Hadis.

References

Abdullah. (2013). Pendidikan Islam Sepanjang Sejarah: Sebuah Kajian Politik Pendidikan di Indonesia. Susurgalur: Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah, 1(2), 1626.

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Jaenudin, M. (2023). Implementasi Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Man 1 Darussalam Ciamis. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(2), 179–195.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Khairani, A. (2023). Perbandingan Fungsi Bmt Sebagai Baitul Maal Dan Baitul Tamwil. Perbandingan Fungsi Bmt Sebagai Baitul Maal Dan Baitul Tamwil, 4(2), 175–186.

Munir., S. (2009). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzah.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Nizar. (2013). Sejarah Sosial & Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara. Jakarta: Kencana.

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Nuraliah, L. (2022). Optimalisasi Peran Bmt Dalam Upaya Pengahapusan Praktik Rentenir. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 190–199.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Susanto, R. D. (2022). Strategi Penghimpunan Dana Zakat Lima Lembaga Pengelola Zakat. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 170–179.

Syahlarriyadi, S. (2023). The role of leaders of islamic educational institutions in increasing the quality of islamic education in madrasah. Proceeding of The Postgraduate School Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1, 443–470.

Toharoh, T. (2024). The Impact of Using Digital Novel Applications on the Psychology of Adolescents in the 21st Century Era. International Conference of Bunga Bangsa, 2(1), 32–41.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Zuhairini. (2010). Sejarah Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PEMETAAN MUNCULNYA PEMIKIRAN AGAMA ISLAM MODERN DALAM SEJARAH ISLAM. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(9), 1313-1324. https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.505