EFEKTIVITAS PERPUSTAKAAN DIGITAL DIBANDINGKAN PERPUSTAKAAN FISIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA

Authors

  • Dessy Ari Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Maman Suryaman Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.57171/s9pwf827

Keywords:

Perpustakaan Digital, Perpustakaan Fisik, Efektivitas, Minat Baca, Hybrid

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia perpustakaan, khususnya melalui munculnya perpustakaan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas perpustakaan digital dibandingkan perpustakaan fisik dalam hal akses informasi, kelengkapan koleksi, dan pengaruh terhadap minat baca pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan sampel 50 responden yang dipilih secara simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup dan wawancara singkat untuk mendalami pengalaman pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan digital lebih unggul dalam hal kecepatan akses dan kelengkapan koleksi, sedangkan perpustakaan fisik tetap memiliki kelebihan dalam mendukung pengalaman membaca yang mendalam dan interaksi sosial. Selain itu, efektivitas perpustakaan digital dipengaruhi oleh literasi digital pengguna dan ketersediaan infrastruktur teknologi. Penelitian ini juga menekankan pentingnya integrasi kedua jenis perpustakaan, atau perpustakaan hybrid, untuk memaksimalkan manfaat bagi pengguna.

References

Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

Arlitsch & O’Brien. (2012). Library 2.0: Managing and sustaining digital services. Journal of Library Administration, 52(7), 598–616. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/01930826.2012.717619

Aslan, A. (2025). Analisis Dampak Kurikulum Cinta Dalam Pendidikan Islam Sebagai Pendidikan Transformatif Yang Mengubah Perspektif Dan Sikap Peserta Didik: Kajian Pustaka Teoritis Dan Praktis. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 3(1), 83–94.

Borgman. (2000). From Gutenberg to the global information infrastructure: Access to information in the networked world. MIT Press.

Hartono. (2020). Pengembangan Perpustakaan Digital Berinklusi Sosial Dalam Ekosistem Digital Berbasis Multikultural Indonesia. Jurnal El Pustaka, 1(1), 15–29.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2025). Menanamkan Akhlak Mulia Melalui Pendidikan Agama Islam: Studi Kontekstual Surat Luqman Di Pendidikan Menengah. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(10), 3305–3318.

Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.

Nasril, N. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.

Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328

Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.

Smith. (2015). Comparative study of digital and physical library effectiveness. Library Hi Tech, 33(2), 210–225. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/LHT-02-2015-0010

Sudrajat, J. (2024). Enhancing the Quality of Learning through an E-Learning-Based Academic Management Information System at Madrasah Aliyah Negeri. EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 621–632.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Yakel & Torres. (2003). Digital preservation and access: The role of digital libraries. Library Trends, 51(1), 144–160. https://doi.org/https://doi.org/10.1353/lib.2003.0040.

Zulfa, A. A. (2025). Peran Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Akademik Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tahsinia, 6(1), 115–134.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

EFEKTIVITAS PERPUSTAKAAN DIGITAL DIBANDINGKAN PERPUSTAKAAN FISIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(9), 1383-1389. https://doi.org/10.57171/s9pwf827

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3