PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PADA BUDAYA BATAK SIMALUNGUN
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.473Keywords:
E-Modul, Problem Based Learning, Computational Thinking, Batak SimalungunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan e-modul yang menggunakan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan computational thinking dalam konteks budaya batak Simalungun. Penelitian ini menerapkan model ADDIE untuk merancang dan mengembangkan e -modul. Berdasarkan seluruh penelitian dari ahli materi dan ahli media dinyatakan bahwa e- modul yang di kembangkan dinyatakan valid dengan presentase 98% (dosen 1), 89% (dosen 2), dan 92% (guru matematika). E-modul yang dikembangkan dinyatakan praktis di lihat dari angket kepraktisan guru sebesar 93,8% dan angket kepraktisan siswa sebesar 93,8%. E-Modul yang dikembangkan dinyatakan efektif di lihat dari ketuntusan belajar siswa yaitu sebesar 87,8%. Dan peningkatan kemampuan computational thinking pada budaya batak simalungun dengan menggunakan e-modul berbasis problem-based learning yang dikembangkan, nilai presentase nya sebesar 87,8%.
References
Andria, A. (2022). Pengembangan E - Modul Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Segiempat. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Jayanti, M. A., & Pertiwi, K. R. (2023). Pengembangan e-modul berbasis pbl untuk meningkatkan kemampuan analisis dan rasa ingin tahu siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1), 112–127. https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.23178
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.
Mardiah, A., Fitri, D. Y., Sains, F., Teknologi, D., Pgri, U., & Barat, S. (2023). Analisis Kemampuan Computational Thinking Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 5(2).
Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Purba, F. W., Siregar, J., & Saragih, V. R. (2023). Analisis Semiotik Simbol Terhadap Bangunan Rumah Adat Suku Simalungun Kabupaten Simalungun. 1(6).
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Saragih, S. T. (2022). Upaya Melestarikan Budaya Simalungun di Era Digitalisasi. JEBIT MANDIRI - Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Teknologi, 2(1), 43–48.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adelia Septia Damanik, Nur Rahmi Rizqi, Jihan Hidayah Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












