MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATICS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK PINTAR DI TK NEGERI PURWADADI

Authors

  • Lulu Nurfadhilah STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta
  • Yuwan Fijar Anugrah STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i7.472

Keywords:

Anak Usia 5-6 Tahun, Kecerdasan Logis-Matematics, Alat Permainan Edukatif, Kotak Pintar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logis-matematics anak usia dini melalui penggunaan alat permainan edukatif kotak pintar di TK Negeri Purwadadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kuantitafi deskriptif dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini 14 anak usia 5-6 tahun (kelompok B). Teknik pengumpulan data berupa observasi dan sokumentasi, dengan instrument yang digunakan yaitu lembar cheklist dan asesmen capaian perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata awal pra siklus 57,14% (MB) mulai meningkat pada kegiatan siklus 1 sebesar 71,14% (BSH) dan meningkat lagi pada kegiatan siklus 2 sebesar 85,5% (BSB). Dengan demikian, media kotak pintar efektik digunakandalam pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan logis-matematics anak usia dini usia 5-6 tahun secara menyenangkan, interaktif, dan sesuai dengan tahap perkembangan anak.

References

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Atika Setiawati, F., & Suyadi. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Melalui Permainan Ular Tangga Tantangan Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(1), 49–61. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1274

Bahriah, E. S. (2022). Kurikulum Merdeka: Implementation and Effect on Learning Loss in Chemistry Caused by Covid-19 Outbreak. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1916–1927.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Ibnu Imam Al Ayubi. (2024). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. 2(02), 83–90.

Isabella Hasiana. (2021). Pengaruh Media Kardus Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 226–237.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Nabighoh, W. N., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Media Interaktif Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410–3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410

Nafisah, S. (2023). Proses Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society, 1(1), 1–8.

Nanda syahputri, & Sit, M. (2023). Pengembangan Media Busy Book untuk Meningkatkan Kemampuan Aksara dan Angka pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 260–271. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.512

Nurlaela. (2020). Penggunaan Media Jarimatika Untuk Nurlaela , Penggunaan Media Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kanak-Kanak. 01(02), 116–132.

Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.

Puspitawati, H. & Harahap, H. (2018). Media Pembelajaran PAUD. PT Rajagrafindo Persada.

Putri, H., & Harfiani, R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Alat Permainan Edukatif Kereta Api Pintar pada Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 191–202. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.512

Rahmah, N. F. (2022). The The Readability Of Junior’s Level In Mentari’s Textbooks: A Systemic Functional Linguistic Study. Jepal (Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics), 3(1), 56–64.

Rahmah, N. F. (2024). The Textual Features In Persuading Student on School Advertisement: A Textual Analysis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14082–14089.

Rezky Syahreni, Diana, R., Kholilah, A., & Juwita, P. (2024). Pentingnya Alat Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di RA Al-Furqon Madina. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(7), 616–621. https://doi.org/10.59837/6smevm15

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rizky Laeliatul Falah. (2024). Implementasi Alat Permainan Edukatif ( APE ) Kartu Aritmatika Digital Dalam Pembelajaran Berhitung Anak Usia Dini Pada Kelompok A1 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Juni 2024 Berhitung Anak Usia Dini Pada Kelompok A1.

Sholihat, R. N. (2023). Hubungan Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Kimia selama Pembelajaran Jarak Jauh. Chemica, 24(1), 98–107.

Solehan Arif, & Shinta Oktafiana. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Nomor 1).

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Ulvia Ansari, & Dkk. (2024). Meningkatkan Kecerdasan Logis-Matematis Dengan Permainan Kartu Uno Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 7. https://doi.org/10.24853/yby.8.1.7-13

Ulvia Nisa Ansari, & Sit, M. (2024). Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Melalui Media Smart Box pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 13(2), 138–149. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i2.445

Undang-Undang No. 20 Tahun. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Zitteliana, 19(8), 159–170.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Yan Yan Nurjani, F. U. F. (2023). Meningkatkan Kecerdasan Logis-Matematis. jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 02; 0, 1–12.

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATICS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK PINTAR DI TK NEGERI PURWADADI. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(7), 971-987. https://doi.org/10.57171/jt.v6i7.472