BADAN USAHA MILIK PETANI SEBAGAI PROSES PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN PETANI DI KELURAHAN PURWOSARI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i3.464Keywords:
BUMP, Pemberdayaan, PetaniAbstract
Petani mampu memproduksi hasil pertanian namun kesulitan menjualnya akibat rantai distribusi yang panjang. Pembentukan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) menjadi solusi efektif untuk memberdayakan petani dan meningkatkan pendapatan petani dengan memangkas rantai distribusi tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pemberdayaan petani, faktor pendukung dan penghambat, serta dampak pemberdayaan melalui BUMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian meliputi ketua BUMP, tiga anggota BUMP, dan satu pendamping BUMP. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan yang dilakukan BUMP terdiri dari tujuh tahap, mulai dari penyadaran, menunjukkan adanya masalah, membantu pemecahan masalah, penunjukan pentingnya perubahan, memproduksi dan publikasi informasi, pengujian dan demonstrasi, melaksanakan pemberdayaan atau penguatan kapasitas. Faktor pendukung meliputi motivasi petani untuk mandiri dan dukungan pemerintah melalui fasilitas dan keberhasilan BUMP sebelumnya dalam menurunkan inflasi. Faktor penghambat meliputi usia lanjut anggota, keterbatasan dana, kerusakan mesin, dan pelatihan yang tidak rutin. Dampak pemberdayaan melalui BUMP meliputi peningkatan pendapatan petani, solidaritas yang lebih erat, dan kemandirian dalam meningkatkan produksi secara berkelanjutan. Kesimpulannya, BUMP berperan penting dalam mengatasi masalah petani yang mampu memproduksi tetapi kesulitan menjual hasil panennya, sekaligus mendorong kesejahteraan petani secara berkelanjutan.
References
Afifah & Ilyas. (2021). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Asri. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/DOI10.15294/pls.v5i1.36404
Arbarini et al. (2023). Pendampingan Kelompok PKK dan Pokdarwis untuk Mewujudkan Pemberdayaan Desa Ramah Perempuan. DIKMAS: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 3(3), 659–668. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.3.659-668.2023
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Implementation Of Internal Quality Assurance System In Order To Improve The Quality Of Polytechnical Research. International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (SINOMICS JOURNAL), 1(3), 297–306. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/sj.v1i3.39
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Astari. (2020). Empowerment of farmer groups in development cocoa agribusiness in Soppeng Regency. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 492(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1755-1315/492/1/012124
Athik Hidayatul Ummah. (2021). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis. Bandung: Widina Media Utama.
Auliyaazahra et al. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produksi Batik Pring Sedapur Di KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Mukti Rahayu Kabupaten Magetan. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(3), 214–224. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i3.734
Bungin. (2017). Penelitian Kualitatif (2nd ed). Jakarta: Kencana.
Ciptaningtyas et al. (2023). Pemberdayaan Masyarakat melalui Produksi Batik Ciprat di Desa Gumiwang Kabupaten Banjarnegara. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/diklus.v7i1.63049
Dewi et al. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Usaha Tani Keberhasilan Program Simantri Di Kabupaten Klungkung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana., 6(2), 701–728.
Dewi et al. (2023). Relasi Pertukaran Sosial: Petani Bawang Merah dan Tengkulak di Nganjuk Jawa Timur. Psychopreneur Journal, 7(1), 34–43. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.37715/psy.v7i1.3443
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.
Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Hadiansah, D. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard. Bandung: Azka Hafidz Maulana Foundation.
Hananuraga, R. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.
Hanifah et al. (2024). Pengaruh Revolusi Hijau Pada Masa Orde Baru di Indonesia. Sindoro: Cendekiawan Pendidikan, 5(4).
Hudaya et al. (2022). Sistem Informasi Penjualan Toko Kue Berbasis Web. Jurnal Algoritma, 19(1). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1092
Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Kumse et al. (2021). The spillover effect of direct competition between marketing cooperatives and private intermediaries: Evidence from the Thai rice value chain. Food Policy, 101(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.foodpol.2021.102051
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Maharjan et al. (2023). Drivers of environmental conservation agriculture and women farmer empowerment in Namobuddha municipality, Nepal. Journal of Agriculture and Food Research, 13(13). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jafr.2023.100631
Malik & Widhanarto. (2019). Community Empowerment as an Effort to Preserve Batik with an Ecological Approach in Indonesia. Atlantis Press, 1(1), 382–391. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.76
Mardikanto & Soebianto. (2019). Pemberdayaan Masyarakat (Edisi Revisi). Bandung : Alfabeta.
Mauki et al. (2023). Smallholder rice farmers profitability in Agricultural Marketing Co-operative Societies in Tanzania: A case of Mvomero and Mbarali districts. Heliyon, 9(6). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17039
Muljani et al. (2020). Pentingnya Merek Dan Kemasan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Dari Usaha Mikro Dan Kecil. PEKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.33508/peka.v3i2.2997
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Novisma & Iskandar. (2023). The study of millennial farmers behavior in agricultural production. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1183(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1755-1315/1183/1/012112
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Rahmawati et al. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Program Desa Wisata Pasar Bahulak Desa Karungan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/diklus.v7i2.65921
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.
Rusmono. (2017). Pedoman Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Petani (BUMP). Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.
Salam et al. (2024). The effectiveness of agricultural extension in rice farming in Bantaeng Regency, Indonesia: Employing structural equation modeling in search for the effective ways in educating farmers. Journal of Agriculture and Food Research, 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jafr.2024.101487
Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.
Shavab, F. A. (2021). Dasar Manajemen & Kewirausahaan (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sofyan, Y. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Telur Asin H-Organik. Jurnal Ecodemica, 4(2), 341–352.
Sokchea & Culas. (2015). Give to AgEcon Search Impact of Contract Farming with Farmer Organizations on Farmers’ Income: A Case Study of Reasmey Stung Sen Agricultural Development Cooperative in Cambodia. Australasian Agribusiness Review, 1(23).
Suharti & Batubara. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Petani Menjual Hasil Panen Dalam Bentuk Gabah Kepada Tengkulak di Desa Mekarsari Kecamatan Muara Telang. SOCIETA:Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Agribisnis, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jsct.v11i2.5580
Sukardi. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Kijen Star Reog Ponorogo. JOIPAD: Journal of Islamic Philantrhropy and Disaster, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.21154/joipad.v3i1.5206
Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.
Sutarto & Sucipto. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Melalui Kursus Menjahit Di LKP Elisa Tegal. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jnece.v4i2.8051
Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Van den Berg et al. (2020). Is the farmer field school still relevant? Case studies from Malawi and Indonesia. NJAS - Wageningen Journal of Life Sciences, 92. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.njas.2020.100329
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.
Zakaria et al. (2022). Rekayasa Model Kelembagaan Kemitraan Ubikayu Di Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Membangun Desa Dan Pertanian(JIMDP), 7(5). https://doi.org/https://doi.org/doi:https://doi.org/10.37149/JIMDP.v7i5.44
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nindya Shelviana, Abdul Malik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












