BUDAYA KOLABORASI SEBAGAI CARA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i8.461Keywords:
Budaya Kolaborasi, Kreativitas Guru, MengajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kolaborasi dapat diterapkan di berbagai tingkatan, termasuk di bidang organisasi dan pendidikan. Di dalam organisasi, kolaborasi begitu penting karena karyawan tidak dapat bekerja sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan organisasi. Pemimpin dalam organisasi tersebut harus mampu membentuk sebuah tim solid yang bisa diandalkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui budaya kolaborasi sebagai cara untuk mengembangkan kreativitas guru dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan oleh penulis menggunakan metode wawancara ini bertujuan untuk mendapatkan penguatan terkait pentingnya kolaborasi sebagai salah satu cara untuk dapat meningkatkan kreativitas guru. Wawancara yang dilakukan terhadap lima informan berfokus pada lima hal penting yaitu terkait pemahaman informan tentang kolaborasi, cara menumbuhkan budaya kolaborasi, bentuk kreativitas dalam mengajar yang muncul dengan adanya budaya kolaborasi serta tantangan-tantangan yang dihadapi dalam membangun budaya kolaborasi. Dari lima data utama tersebut dapat disimpulkan bahwa budaya kolaborasi bisa menjadi cara untuk meningkatkan kreativitas guru khususnya dalam mengajar. Segala upaya perlu diperjuangkan agar kolaborasi mampu menjadi budaya di sebuah sekolah. Bentuk-bentuk kolaborasi yang bermacam-macam akan memperkaya guru dari segi ide, strategi, pemilihan lingkungan belajar serta cara penyelesaian suatu masalah di kelas. Oleh karena itu, budaya kolaborasi ini perlu dipublikasikan secara lebih sehingga semakin banyak sekolah menjadikan kolaborasi sebagai budaya positif.
References
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.
Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Hanaysha, J. (2016). Procedia-Social and Behavioral Sciences: Examining the Effects of Employee Empowerment, Teamwork, and Employee Training on Organizational Commitment. 229, 298–306.
Haque. (2013). Effects of Supply Chain Management Practices on Customer Satisfaction: Evidence from Pharmaceutical Industry of Bangladesh. Global Business and Management Research: An International Journal, 5(2), 1–11.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.
Kasmawati. (2020). Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi: Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 136-142.
Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.
Ngambut. (2023). Kerangka Kerja Collaborative Governance: Tantangan Implementasi Dalam Situasi Krisis Pandemi COVID19. Administrasi Dan Demokrasi., 2(1), 1–11.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Pahlevi et al. (2023). Teamship Competence (Kompetensi Kolektif/Kolaborasi). Ilmiah Dan Karya Mahasiswa., 1(4), 1–11.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Pentury. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. Ilmiah Kependidikan., 4(3), 1–11.
Purnamawati. (2021). Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 664-668.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rido. (2020). Teori Motivasi McClelland Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran PAI. Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan., 8(1), 1–11.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Romaeta. (2021). Membangun Budaya Positif di Sekolah. PRIMARY, 1(1), 1–10.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Septikasari. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad., 8(1), 112-122.
Suryani. (2023). Implementasi Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran 5.0: Strategi dan Tantangan dalam Konteks Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 8(1), 89–95.
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Widyastuti. (2022). Jurus Jitu Menjadi Guru yang Profesional, Produktif, Kreatif, Inspiratif, dan Inovatif di Era Society 5.0. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Wijayanti et al. (2024). Kolaborasi Antar Guru Dalam Menyelesaikan Tugas Administratif. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(4), 1418–1427.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marita Andriastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












