PENERAPAN SISTEM POIN REWARD SEBAGAI CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDK SANTA MARIA KOTABARU

Authors

  • Putri Advent Panggabean SDK Santa Maria Kotabaru

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i8.460

Keywords:

Sistem Poin, Reward, Motivasi Belajar

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor krusial dalam keberhasilan pendidikan. Motivasi sangat dibutuhkan dalam pendidikan. Dengan adanya motivasi membuat siswa merasa terdorong dalam pendidikan. Motivasi juga berfungsi untuk menginspirasi dalam mencapai kesuksesan. Namun, tidak semua siswa memiliki motivasi yang sama. Apalagi pada zaman ini siswa yang sedang menjalani pendidikan di tingkat sekolah dasar didominasi generasi yang disebut dengan generasi Alpha yang memiliki perbedaan cukup signifikan dengan generasi terdahulu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penerapan sistem poin reward sebagai cara meningkatkan motivasi belajar siswa SDK Santa Maria Kotabaru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru yang ada di SDK Santa Maria Kotabaru dan pernah melakukan sistem poin reward dalam proses pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara. Menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sependapat penerapan sistem poin reward ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SDK Santa Maria Kotabaru. Penerapan sistem poin reward ini harus disesuaikan dengan kemampuan siswa sehingga tidak terjadi kecemburuan antar siswa.

References

Aflizah et al. (2024). Reward sebagai Alat Motivasi dalam Konteks Pendidikan: Tinjauan Literatur. Pendidikan Tambusai, 8(1), 4300–4312.

Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Hima & Palayukan. (2022). Analisis Pemberian Reward oleh Guru untuk Motivasi Belajar Matematika dalam Kurikulum Merdeka. Pendidikan Matematika, 6(2), 61–74.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.

Magdalena et al. (2020). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 SD Negeri Pengadegan 2. Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 376-392.

Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.

Memanti et al. (2022). Efektivitas Pemberian Reward Point terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 5 Palembang. Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 465-476.

Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rianto et al. (2022). Pengaruh Video Keteladanan pada Kanal Youtube terhadap Pertumbuhan Karakter Peserta DIdik di Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 385-394.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Sadiah. (2022). Penerapan Reward dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Kegiatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV di MI Islamiyah Babakan. Pendidikan Islam, 14(2), 238-254.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Umaina et al. (2023). Pemberian Reward dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas V SD Negeri Lamsayuen Aceh Besar. Elementary Education Research, 8(3), 170-178.

Yuliandari. (2020). Pola Pendidikan dan Pengasuhan Generasi Alpha. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 108-116.

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENERAPAN SISTEM POIN REWARD SEBAGAI CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDK SANTA MARIA KOTABARU. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(8), 1186-1197. https://doi.org/10.57171/jt.v5i8.460