PENERAPAN TAHSIN 40 MENIT DALAM MENGATASI RENDAHNYA KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN KELAS X ATU 2 DI SMK NEGERI 2 CILAKU
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i8.452Keywords:
Tahsin 40 menit, Kualitas Bacaan Al-Qur’an, Pembelajaran Al-Qur’anAbstract
Membaca Al-Quran merupakan salah satu bakat yang harus dimiliki peserta didik, khususnya di lembaga-lembaga Islam. Namun siswa kelas X ATU 2 menunjukkan kemampuan membaca Al-Qur'an yang kurang baik, berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Negeri 2 Cilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana metode Tahsin 40 menit dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Tahsin 40 menit bekerja dengan baik untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Al-Qur'an. Batasan waktu dan frekuensi keterlibatan siswa di kelas merupakan dua hal yang perlu diperhatikan.
References
Anugrahana. (2020). Hambatan Dan Solusi Pembelajaran Daring Selama Pandemi. Scholaria.
Anwar & Hafiyana. (2018). Implementasi Metode Odoa. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia., 1(1), 1–11.
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Darwis. (2013). Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Sina. Jurnal Ilmiah Didaktika., 1(1), 1–11.
Hidayat. (2020). Panduan Tahsin Al-Qur’an Untuk Pemula. Jakarta: Kencana.
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 144–157.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 5(2), 171–187.
Kemenag RI. (2019). Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Rosi dan Faliyandra. (2021). Urgensi Pembelajaran Al-quran Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Universitas Al Falah As Sunniyah (UAS) Jember). Auladuna Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 38–49.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.
Supriani. (2022). The Process of Curriculum Innovation: Dimensions, Models, Stages, and Affecting Factors. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 485-500. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2235.
Supriyadi. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Pada Tri Pusat Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1631-1637. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.673
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Euis Latipah, Eva Siti Nur Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












