PENERAPAN MINDFUL EATING SEBAGAI PENGUAT BUDAYA MAKAN SEHAT BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i8.451Keywords:
Junk Food, Mindful Eating, Perubahan Perilaku, SiswaAbstract
Banyak anak-anak dan remaja sudah terbiasa mengkonsumsi makanan cepat saji yang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mereka. Dipicu dari permasalahan tersebut, peneliti terdorong untuk melakukan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengalaman guru SMP Santa Maria Surabaya dalam menerapkan praktik mindful eating sebagai upaya mengontrol kebiasaan konsumsi junk food dan dampaknya terhadap siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru yang berkarya di bawah naungan Yayasan Paratha Bhakti Surabaya. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) atas data yang dihasilkan melalui metode wawancara mendalam. Penelitian menghasilkan empat data penting. Pertama adalah pengetahuan guru mengenai junk food dan jenis-jenisnya. Kedua adalah faktor yang mempengaruhi konsumsi junk food. Ketiga adalah pemaknaan dan praktik terhadap pengalaman melaksanakan mindful eating dalam kebiasaan makan. Serta munculnya perilaku baru setelah menerapkan mindful eating secara konsisten. Temuan ini memberikan dampak yang penting bagi pengembangan praktik mindful eating di sekolah untuk mempromosikan kebiasaan makan dan gaya hidup yang lebih sehat khususnya pada remaja.
References
Amira et al. (2022). Junk Food dan Kaitannya dengan Kejadian Gizi Lebih Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 14(3), 133–140.
Apriadji. (2014). Gizi Keluarga Seri Kesejahteraan Keluarga. Jakarta : PT. Penebar Swadya Arifin.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Fayasari, A. (2022). Perilaku Menonton Mukbang dan Preferensi Makanan Mahasiswa di Jakarta. Poltekita Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(2), 220–227.
Hidayati et al. (2016). Obesitas Pada Anak. Bagian Ilmu Kesehatan Anak. Surabaya: Fakultas Kedokteran Airlangga.
Hirshmann dan Zaphiropoulos. (2012). Kids, Carrots, and Candy: A Practical, Positive Approach to Raising Children Free of Food and Weight Problems. CreateSpace Independent Publishing Platform.
Holden et al. (2017). The Imperatives of Sustainable Development. Sustainable Development., 25(3), 213–226. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/sd.1647
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.
Kementerian Kesehatan RI. (2019). Panduan untuk Fasilitator: Aksi Bergizi, Hidup Sehat Sejak Sekarang untuk Remaja Kekinian. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Krisnaningrum et al. (2017). Perilaku Sosial Remaja Era Globalisasi di SMK Muhammadiyah Kramat, Kabupaten Tegal. Journal of Educational Social Studies., 1(1), 1–11.
Mandoura et al. (2017). Factors associated with consuming junk food among Saudi adults in Jeddah City. Cureus.
Mensah. (2019). Sustainable development: Meaning, history, principles, pillars, and implications for human action: Literature review. Cogent Social Sciences, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/23311886.2019.1653531
Mustakim et al. (2024). Hubungan Mindful Eating (ME) dan Healthy Eating Literacy (HEL) dengan Status Indeks Masa Tubuh (IMT) pada Remaja di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 13(1), 66-71.
Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.
Nelson. (2017). Learning through the ages: How the brain adapts to the social world across development. Cognitive Development, 42(1), 84–94. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2017.02.013
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Pintado-Cucarella dan Rodriguez-Saldago. (2017). Mindful eating and its relationship with body mass index, binge eating, anxiety and negative affect. Journal of Behavior Health & Social Issues, 8(2), 20–24.
Rakhman et al. (2022). Hubungan mindful dengan Kecemasan Masyarakat Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Terapan Kesehatan, 1(1), 1–13.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Sach et al. (2024). Sustainable Development Report 2024 The SDGs and the UN Summit of the Future. Dublin: University Press Dublin.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Seema et al. (2021). Universal health coverage ? There is more to it than meets the eye. Journal of Family Medicine and Primary Care, 10(5), 1890–1894. https://doi.org/https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_1524_20
Smith & Eatough. (2017). Interpretative phenomenological analysis. London: Sage.
Smith & Osborn. (2017). Interpretative phenomenological analysis. London: Routledge.
Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.
Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719
Tapper. (2022). Mindful eating: what we know so far. Nutrition Bulletin, 14(2), 164-185. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/nbu.12559
Ufrida. (2022). Konsumerisme Makanan Siap Saji Sebagai Gaya Hidup Remaja di Kota Surabaya: Studi Kasus Siswi SMA Muhammadiyah 4 Kota Surabaya. Jurnal Analisa Sosiologi, 11(1), 137–156.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Waksito et al. (2018). Hubungan Antara mindful dengan Kepuasan Hidup Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 99–107.
Weare. (2011). Promoting Mental Health of Children and Adolescents Through Schools and School-Based Interventions.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yeremia Alda Fajar Ain, Rian Antony

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












