PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA TERHADAP DUNIA WIRAUSAHA

Authors

  • Wiwin Suhada STAI Al- Muhajirin Purwakarta
  • Rahmat Aji Nuryakin STAI Pelita Nusa Bandung Barat
  • Mohammad Sigit Adi Nugraha Universitas Putra Indonesia Cianjur
  • Triana Apriani STAI Pelita Nusa Bandung Barat

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.381

Keywords:

Pendidikan Kewirausahaan, Minat Mahasiswa, Wirausaha.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi angka pengangguran dari jenjang sarjana sangat banyak. Penerapan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi dimaksudkan untuk mendidik individu memilih karir wirausaha, bukan hanya jadi pekerja saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pendidikan kewirausahaan dalam meningkatkan minat mahasiswa terhadap dunia wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal. Adapun teknik penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan di perguruan tinggi, dapat menjadi upaya alternatif untuk mengurangi pengangguran. Aktivitas-aktivitas pembelajaran kewirausahaan tersebut dapat mendorong mahasiswa untuk mandiri, mau bekerja keras, merasa bangga dan puas atas hasil jerih payahnya, dapat mengubah pola pikir, serta mempengaruhi perilaku mahasiswa untuk memiliki minat wirausaha. Aktivitasaktivitas tersebut memberikan perasaan senang mendapat manfaat, serta dapat berbuat sesuatu yang berarti bagi dirinya maupun orang lain dapat mendorong dan menumbuhkan minat wirausaha.

References

Apriani, T. (2020). Pertumbuhan Bank Syariah Dan Kontribusi Perbankan Syariah Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 151–160.

Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Bechard. (2002). Entrepreneurship Education Revisited : The Case of Higher Education. Academy of Management Learning and Education, 4(1), 840-853.

Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo, 11, 121.

Chadijah, S. (2022). Interferensi bahasa dalam komunikasi massa Dedi Mulyadi di channel youtube Kang Dedi Mulyadi. Jurnal Bisnis, 10(1), 140–152.

Darmawan & Soetjipto. (2016). The implementation of project-based learning to improve entrepreneurial intention and entrepreneurship learning outcome of economics education students. Journal of Business and Management, 18(10), 98–102.

European Commission. (2009). Entrepreneurship in Vocational Education and Training. 1–46.

European Commission. (2015). Entrepreneurship education: a road to success. A compilation of evidence on the impact of entrepreneurship education strategies and measures. In Belgium, European Commission., 115.

Fayolle. (2007). Handbook of Research in Entrepreneurship Education: Volume 2. Edward Elgar Publising, Inc.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Hattab. (2014). Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intentions of University Students in Egypt. Journal of Entrepreneurship, 23(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0971355713513346

Indarti & Rostiani. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang Dan Norwegia. Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Gadjah Mada), 23(4), 369–384. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jieb.6316

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147–160.

Kurniasih, N. (2021). Pengaruh Insentif Dan Tunjangan Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Produktivitas Kerja. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 47–56.

Liñán. (2004). Intention-based models of entrepreneurship education. Piccola Impresa/Small Business, 4(3), 11–35.

Matlay. (2008). The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial outcomes. Journal of Small Business and Enterprise Development, 15(2), 382–396. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/14626000810871745

Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.

Nugraha, M. S. A. (2022). Pengaruh Kompensasi Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 95–102.

Slamet. (2011). Peran Pendidikan Vokasi dalam Pembangunan Ekonomi. Cakrawala Pendidikan, 30(2).

Suhada, W. (2020). Mekanisme Penetapan Harga Jual Dan Jasa Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Fotocopy dan Percetakan Janitra). Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 40–49.

Suhada, W. (2021). Studi Kelayakan Bisnis Meningkatan Kapasitas Penjualan Dengan Menambah Cabang Pada Perusahaan Telur Asin H-Organik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 233–242.

Surya, C. M. (2020). Upaya Meningkatkan Pengenalan Warna Melalui Metode Bermain Dengan Alat Penjepit Pakaian. Jurnal Tahsinia, 1(2), 147–154.

Surya, C. M. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 9–14.

Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Tentama. (2019). Entrepreneurship education to improve entrepreneurship intention. Humanities and Social Sciences Reviews., 7(3), 162–168. https://doi.org/https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7325

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.

Witjaksono. (2016). Analisis Kritis dan Pragmatis Caring Economics sebagai Paradigma baru Kajian Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Studi Pembangunan., 8(2), 217–244. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um002v8i22016p217

Downloads

Published

2023-10-29

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA TERHADAP DUNIA WIRAUSAHA . (2023). Jurnal Tahsinia, 4(2), 475-485. https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.381