IMPLEMENTASI KONSEP TAFSIR TARBAWI DALAM PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i6.366Keywords:
Tafsir Tarbawi, Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Pendidikan Islam adalah aspek integral dalam membentuk individu Muslim yang penuh pemahaman agama dan moral. Dalam upaya ini, hadis-hadis dari Nabi Muhammad SAW memiliki peran sentral dalam memberikan pedoman dan prinsip-prinsip yang relevan untuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konsep tafsir tarbawi dalam pendidikan islam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa tafsir tarbawi memberikan kesan keteguhan iman dan akhlakul karimah yang tidak diajarkan dalam pendidikan bernuansa barat, maka tafsir tarbawi bisa dikatakan objektif memegang peran ini walaupun bukan merupakan disiplin ilmu sendiri. Peran pendidik dalam menerapkan tafsir Tarbawi dalam pendidikan Islam juga perlu dipelajari secara detail, menyoroti perlunya pemahaman yang mendalam, memperbarui bahan ajar, memasukkan prinsip-prinsip Tarbawi, menunjukkan perilaku positif, dan mengembangkan kesadaran sosial di kalangan siswa. pendidik memainkan peran penting dalam menerapkan tafsir tarbawi pada Pendidikan Islam dengan cara memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep tersebut, memperbarui materi dan metode pembelajaran, menerapkan nilai-nilai tarbiyah, memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, dan mengembangkan kesadaran sosial pada peserta didik.
References
Afif dan Bahary. (2020). Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Pendidikan Dalam Al-Quran. Jakarta: Karya Litera Indonesia.
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Baihaqy. (2021). The Integration of Quranic Spiritual Knowledge in Brunei Darussalam’s Science Education Curriculum. Globalisation, Education, and Reform in Brunei Darussalam., 285–304.
Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo, 11, 121.
Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 161–174.
Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.
Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.
Lubis. (2015). Effective Implementation of the Integrated Islamic Education. Global Journal Al-Thaqafah., 5(1), 59–68.
Mardhiah. (2021). Developing Environmental Care Attitudes among College Students through Islamic Education (IRE) Learning with a Humanist-Contextual Approach. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 743:12004. IOP Publishing.
Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grapindo persada.
Muhammad. (2021). Urgensi Tafsir Al-Tarbawi Dalam Pendidikan. Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al Qur’an Dan Tafsir., 1(1), 1–11.
Mujahidin. (2021). The Concept Of Teacher In The Quran And Its Relevance To His Function In The Digital Era. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir., 6(2), 323–341.
Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Nurcholis. (2013). Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Perspektif Al-Qur’an Ahmad Nurcholis. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati., 28(3), 389–400.
Pabbajah. (2021). From the Scriptural to the Virtual: Indonesian Engineering Students Responses to the Digitalization of Islamic Education. Teaching Theology & Religion., 24(2), 122–130.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Samrin. (2015). Pendidikan agama islam dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan., 8(1), 101–116.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.
Setyosari dan Kamdi. (2021). Exploration of Moral Integrity Education and Superior Cadre Leadership at Madrasah Boarding School Indonesia. International Journal of Instruction., 14(4), 753–774.
Suryawati. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah., 1(2), 309–322.
Tabrani. (2014). Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran dengan Pendekatan Tafsir Maudhui. Serambi Tarbawi, 2(1), 1–11.
Taja. (2021). Character Education in the Pandemic Era: A Religious Ethical Learning Model through Islamic Education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research., 20(11), 132–153.
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80.
Tolchah dan Mu’ammar. (2019). Islamic Education in the Globalization Era; Challenges, Opportunities, and Contribution of Islamic Education in Indonesia. Humanities & Social Sciences Reviews., 7(4), 1031–1037.
Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77.
Wahyudin. (2015). Family Education According To Luqman Al-Hakim: A Review of the Tarbawi Interpretation. Tazkiya., 16(1), 31–43.
Wakano. (2021). Developing The Student’s Attitude Assessment Instrument in The Learning Process During Covid-19 Pandemic. In Proceedings of the 5th International Conference on Learning Innovation and Quality Education., 1–8.
Yudiawan. (2021). Successful Online Learning Factors in COVID-19 Era: Study of Islamic Higher Education in West Papua, Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education., 10(1), 193–201.
Yulianti. (2020). Relevansi Pendidikan Wanita Perspektif Qasim Amin Terhadap Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Al-Misykah: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir., 1(2), 165–177.
Yusuf. (2013). Tafsir Tarbawi Pesan-pesan Al-Quran dalam Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asnawi Asnawi, Iskandar Mirza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












