PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.337Keywords:
Bahasa Arab, Instagram, MufradatAbstract
Penguasaan kosakata bahasa Arab merupakan unsur penting dan mendasar dalam mempelajarai bahasa Arab Penguasaan kosakata merupakan penentu utama keberhasilan seseorang dalam berbahasa. Seiring perkembangan zaman, terdapat banyak media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab, salah satunya adalah instagram. Peneelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektifitas pemanfaatan instagram dalam meningkatkan penguasaan mufradat mahasiswa, karena instagram adalah salah satu media social yang banyak digemari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian berupa data primer yang diperoleh dari hasil pengamatan langsung di lokasi penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah model Miles and Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan instagram sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab mahasiswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pemerolehan mustalahat baru, penggunaan kosakata baru tersebut dalam aktivitas sehari-hari, dan peningkatan dalam memahami gramatikal atau kaidah bahasa Arab.
References
Abdurochman, A. (2017). Strategi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Bagi Non Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(1), 63-71.
Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.
Arifudin, O. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Audina, N. A., & Muassomah, M. (2020). Instagram: Alternatif Media dalam Pengembangan Maharah Al-Kitabah. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 77–90.
Fawzani, N., Firdaus, & Akmal. (2022). Hubungan Lagu Berbahasa Arab dengan Maharah Istima’ Mahasiswa. NASKHI, 4(2), 32–39.
Fitriyah, K. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Belajar Bahasa Arab Maharah Kalam MTs. Al-Muttaqin, 2(1), 110–119.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hs, A. I., & Suriningsih, W. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Roda Putar Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Taman Kanak - Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 291–303.
Kosim, N. (2016). Strategi dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (Cet. I). Arfino Raya.
Laily, I. M., Astutik, A. P., & Haryanto, B. (2022). Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di Era 4.0. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 160–174.
Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.
Munthe, S., Bambang, & Hanafi, A. H. (2022). Pembelajaran Mufradat dalam Meningkatkan Maharah al-Kalam Santri di Pondok Pesantren. Naskhi: Jurnal Kajian …, 4(2), 22–31.
Nisa, I. K., Rahmi, N., & Fajri, W. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di MTS Ma’arif NU 07 Purbolinggo. Arabia, 12(2), 43-51.
Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Saputra, H., Marsiah, M., & El Bilad, C. Z. (2021). Analisis Kualitas Instagram @kursus_arab_alazhar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Online. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 20(1), 249–259.
Sulfikar, Takdir, & Sardiyanah. (2022). Pemanfaatan Kartun Spongebob Berbahasa Arab dalam Meningkatkan. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 4(2), 40–48. h
Surya, C. M. (2020). Upaya Meningkatkan Pengenalan Warna Melalui Metode Bermain Dengan Alat Penjepit Pakaian. Jurnal Tahsinia, 1(2), 147–154.
Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Unsi, B. T. (2014). Media Gambar dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Tafaqquh, 2(1), 26–44.
VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sulfikar Sulfikar, Nurul Fawzani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












