PERSPEKTIF PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM INTERNASIONAL ISMAIL RAJI AL FARUQI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.327

Keywords:

Perspektif, Pemikiran, Pendidikan Islam, Ismail Raji Al Faruqi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai gagasan Islamisasi ilmu pengetahuan, maka tidak bisa dipisahkan dari sejarah Islam itu sendiri. Jika dirunut ke belakang, sesungguhnya konsep ini telah dipraktikkan dalam sejarah Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif pemikiran pendidikan islam internasional Ismail Raji Al Faruqi. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ismail Raji Al Faruqi menjelaskan konsep islamisasi ilmu terdapat dua belas langkah kerja yang mempunyai tiga poin penting; yaitu: (1) kesatuan pengetahuan, (2) kesatuan hidup netral, dan (3) kesatuan sejarah. Dengan demikian, tidak ada lagi pembagian pengetahuan ke dalam sains-sains yang bersifat individual dan sains-sains yang bersifat sosial, sehingga semua disiplin tersebut bersifat humanistis dan ummatis. Kesimpulan penelitian ini bahwa Islamisasi ilmu berarti upaya untuk membangun paradigma keilmuan yang berlandaskan nilai-nilai Islam, baik pada aspek ontologis, epistemologis, maupun aksiologis.

References

Al-Faruqi. (2015). Konsep Ilmu dalam Islam Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Indonesia. Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 13(2), 23–33.

Al-Faruqi, I. R. (2012). Islam and Knowledge, Al-Faruqi Concept of Religion in Islamic Thought, (ed.) Imtiyaz Yusuf. New York: I.B Tauris.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 767–775.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Baharun. (2016). Metodologi Studi Islam: Percikan Pemikiran Tokoh dalam Membumikan Agama. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Harahap. (2003). Ensiklopedi Aqidah Islam. Jakarta: Kencana.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum, Hingga Redifinisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Nuansa.

Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Ningsih, I. W. (2019). Konsep Hakikat Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Ulama Nusantara: Study Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan Dan Buya Hamka. Jurnal Tahsinia, 1(1), 101–107.

Nurhayanti, H. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Kelas IV MI Hidayatul Muta’alimin Kota Bekasi. Jurnal Tahsinia, 1(2), 108–116.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sari. (2020). Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 5(1), 35–52.

Shafiq. (2000). Mendidik Generasi Baru Muslim. terj. Suhadi, cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2022). Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural pada Institusi Pendidikan Islam. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 589–598.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

Wiyani. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Arruz Media.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PERSPEKTIF PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM INTERNASIONAL ISMAIL RAJI AL FARUQI. (2022). Jurnal Tahsinia, 3(2), 88-97. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.327