PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV MI TAUFIQURRAHMAN I DEPOK

Authors

  • Nasem Nasem STIT Rakeyan Santang
  • Rudiyana Rudiyana STIT Rakeyan Santang
  • Yanti Wulandari STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.277

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Sumber Energy, Metode Scramble

Abstract

Sebuah metode dan media memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, guru dituntut untuk terampil dalam memilih, mengembangkan dan menggunakan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, diantaranya sebagaimana pada matapelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Taufiqurrahman I Depok yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi pada siswa kelas IV MI Taufiqurrahman I Depok. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: standar KKM mata pelajaran IPA adalah 70, sebelum menggunakan metode scramble hanya ada 31,03% atau 9 siswa yang tuntas belajar sedangkan 68,97% atau 20 siswa belum tuntas belajar. Setelah menggunakan metode scramble dalam pembelajaran IPA pada siklus I diperoleh data 58,62% atau 17 siswa tuntas belajar dan 41,38% atau 12 siswa belum tuntas belajar. Setelah dilakukan refleksi pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 89,65% atau 26 siswa tuntas belajar dan 10,35% atau 3 siswa belum tuntas belajar.

References

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arini, D. A. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25–37.

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Chotimah, C, dan Fathurrohman, M. (2018). Paradigma baru system pembelajaran: dari teori, metode, model, media, hingga evaluasi pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. PT. Bumi Aksara.

Huda. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Lestari, D., Haryani, S., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Habits of Mind Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Proyek Tema Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Smp. Unnes Science Education Journal, 4(1), 796–806.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.

Nurhayanti, H. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Kelas IV MI Hidayatul Muta’alimin Kota Bekasi. Jurnal Tahsinia, 1(2), 108–116.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rudi, G. &. (2002). Pendidikan IPA di Sekolah Dasar. Depag RI Dirjen Kelembagaan Agama Islam.

Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori, Praktik dan Penilaian). Rajawali Pers.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Masmedia Buana Pusaka.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV MI TAUFIQURRAHMAN I DEPOK. (2020). Jurnal Tahsinia, 2(1), 66-73. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.277

Most read articles by the same author(s)