PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL DI PAUD JANITRA

Authors

  • Nurul Fahimah STIT Rakeyan Santang ,

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i4.260

Keywords:

Kemampuan Menyimak, Media Papan Flanel, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menyimak salah satu alat komunikasi yang sangat penting dimiliki setiap orang terutama dalam menjalankan kontak sosial dengan orang lain. Kepandaian menyimak tidak terbatas hanya dalam pengertian pandai atau terampil saja, melainkan kepandaian itu harus dikaitkan dengan sopan santun dan sesuai dengan tata cara atau tata nilai yang kita anut sebagai bangsa yang memiliki moral agama dan moral kebangsaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak anak pada usia 5-6 tahun melalui media papan flanel di PAUD Janitra. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif merupakan penelitian dengan maksud memahami fenomena yang muncul pada subjek penelitian, seperti perilaku, pandangan, motivasi, dan hal-hal lainnya yang dipaparkan dalam bentuk deskripsi dengan kata-kata dan Bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak anak usia dini dapat dikembangkan dengan berbagai macam kegiatan yang menarik dan menyenangkan, kemampuan menyimak dapat dikenalkan melalui kegiatan bercerita sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan mengenalkan menyimak melalui kegiatan bercerita, dapat memberikan pengalaman pembelajaran agar anak memperoleh penguasaan isi cerita yang disampaikan lebih baik, selain itu juga agar anak mampu mendengarkan dengan seksama terhadap apa yang disampaikan orang lain. Anak dapat bertanya ketika tidak memahaminya, anak dapat menjawab pertanyaan, selanjutnya dapat melatih daya konsentrasi.

Published

2024-07-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL DI PAUD JANITRA. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(4), 546-555. https://doi.org/10.57171/jt.v5i4.260

Most read articles by the same author(s)