PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING PADA MUATAN IPA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i2.251Keywords:
Mind Mapping, Kooperatif, Hasil Belajar, Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V dengan model pembelajaran kooperatif berbasis media Mind Mapping. Metode dalam penelitian ini yakni menggunakan penelitian tindakan kelas atau dikenal sebagai Classroom Action Research (CAR). Subjek penelitian yakni terdiri dari 27 siswa, diantaranya 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan SD 3 Wergu Wetan. Penelitian berlangsung selama 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Wergu Wetan. Hal ini terlihat dari jumlah siswa tuntas 18 pada siklus 1 dengan presentase klasikal 66% dan respon siswa 85%. Sedangkah pada siklus 2 jumlah siswa tuntas 24 dengan presentase klasikal 88% dan respon siswa 92%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif berbasis Mind Mapping ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan terpenuhinya indikator keberhasilan.
References
Adelia, A. putri, Wanabuliandari, S., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis Berbantuan Media Flipchart. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 19–29.
Amma, T., Setiyanto, A., & Fauzi, M. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699.
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10.
Arfandi, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pai Di Sekolah. Edupedia, 5(1), 65–77.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Astriany, N. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 177. https://doi.org/10.21009/jpd.061.15
Ekawati, N. M., & Kusumaningrum, D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 31.
Ermawati, D., Anisa, R. N., Saputro, riki wahyu, Ummah, N., & Azura, F. N. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Matematika, 1(1), 31–37.
F. Ni’mah, N. Fajrie, & D. Kurniati. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Model Mind Mapping Berbantu Media Visual Siswa Sekolah Dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 310–320.
Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2492–2500.
Handayani, T., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Mind Mapping. MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi Dan Arsitektur, 1(2), 50–57.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.
Hayatunnida, J. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Di MIN 12 Nagan Raya. Madinah: Jurnal Studi Islam, 8(1), 11–20. https://doi.org/10.58518/madinah.v8i1.1330
Marseladewi, nada amelia, Ermawati, D., & Fardani, M. A. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas 1 Sd 3 Rejosari. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2089–2101.
Mokoginta, S. O., Mangangantung, J. M., & Liando, M. R. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD GMIM IV Tomohon. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 260–272.
Panggayuh, B. P. (2018). Implementasi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. IAIN Ponorogo, 76, 2013–2015.
Putra, D. E., & Hefni, E. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa dan Strategi Guru Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Tembusai, 6(2), 14942–14958.
Putri, H. K., Pratiwi, I. A., & Masfuah, S. (2023). Model Student Team Achievement Division Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1769–1776.
Rahmawati, R. B., Ardianti, S. D., & Rondli, W. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Maping Berbantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 560–566.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rohmah, T. N., Ermawati, D., & Santoso, D. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas II SD Melalui Metode Jarimatika. 08(May), 1101–1111.
Ruhama, I. A., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841–3849.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Saputra, J., Triyogo, A., & Frima, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5133–5141.
Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57–68.
Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77.
Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica, 18(1), 76–84.
Widdah, H., & Faradiba, S. S. (2022). Analisis Literasi Matematika Pada Pembelajaran Matriks Menggunakan Mind Mapping. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1670–1681.
Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 467–473.
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fenita Khairani, Risa Andriyani, Diana Ermawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












