IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI SISTEM 1 BANDING 6 DI MTsS MILBoS
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i1.249Keywords:
Pendidikan Karakter, Karakter IslamAbstract
Penelitian ini dilakukan di MTsS MILBoS (Maghfirah Islamic Boarding School). Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses implementasi pendidikan karakter di Madrasah tersebut. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian ini, analisis dan pemeriksaan data dilakukan dengan membandingkan data dari beberapa sumber untuk kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua kesimpulan, pertama implementasi pendidikan karakter melalui sistem 1 banding 6 (1 murabbi/guru membimbing 6 siswa) dengan menerapkan kegiatan yang terukur dan terjadwal dari bangun sampai tidur kembali, untuk menjadikan peserta didik berhasil memiliki adab yang islami dan terbiasa dengan sunnah-sunnah nabi, agar nantinya kebiasaan tersebut dapat dipraktekkan hingga ke lingkungan keluarga dan masyarakat, sehingga peserta didik benar-benar menjadi qurrata a’yun (penyejuk hati). Penanaman pendidikan karakter 1 banding 6 yang intensif tersebut menjadikan setiap siswa mendapatkan perhatian yang sangat baik dari para gurunya serta menjadikan keunikan bagi MTsS MILBoS. Kedua, dari segi implementasi kegiatannya yang diadakan dikenal dengan 7 syiar MTsS MILBoS yang meliputi: 1) Bangga dengan Islam, 2) Beraqidah yang benar, 3) Taat dalam ibadah, 4) Mulia akhlaknya, 5) Semangat dalam belajar, 6) Disiplin hidupnya, serta 7) Hidup bermanfaat.
References
Ainissyifa. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1–26.
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.
Arifudin, O. (2022). Implementation Of Internal Quality Assurance System In Order To Improve The Quality Of Polytechnical Research. International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (SINOMICS JOURNAL), 1(3), 297–306.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Utilization of artificial intelligence in scientific writing. Journal of Technology Global, 1(2), 131–140.
Azra. (2019). Pendidikan Islam: tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Jakarta: Prenada Media.
Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo, 11, 121.
Chadijah, S. (2022). Interferensi bahasa dalam komunikasi massa Dedi Mulyadi di channel youtube Kang Dedi Mulyadi. Jurnal Bisnis, 10(1), 140–152.
Chadijah, S. (2023). A Correlational Study of Gadget Used Towards Reading Interest. Journal of English Culture, Language, Literature and Education, 11(1), 59–78.
Chadijah, S. (2024). Trends In The Development Of Artificial Intelligence-Based Technology In Education. Injotel, 2(6), 1722--1733.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.
Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.
Gunawan. (2014). Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). (Bandung: Alfabeta.
Hadiansah, D. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard. Bandung: Azka Hafidz Maulana Foundation.
Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.
Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 579–594.
Ien. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sehari-Hari di SD Islam Terpadu Al-Rahmah Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Indonesia., 1(1), 17–26.
Jumiati, E. (2024). Women’s Empowerment, Social Inclusion, And Attitude Change Through A Study Of Sekoper Cinta Model In Cibogo Hilir Village Plered Purwakarta. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1568–1576.
Kartika, I. (2018). The Relationship Between Jigsaw Cooperative Learning Method And Parents Attention With English Learning Achievement Student In Public Junior High School 4 Bogor. 2 Nd English Language and Literature International Conference (ELLiC), 2(2), 313–320.
Kartika, I. (2022). The Effect of Improving Spiritual Quotient and Emotional Quotient on Mental Health in Sya’ban Month at The Pandemic Covid 19 in Jakarta. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 1(1), 35–49.
Kartika, I. (2023). The Influence of Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Teacher Professionalism at Madrasah Aliyah Attahiriyah Jakarta. History of Medicine, 9(1), 266–276.
Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Mansyur. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Wahyu. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.
Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.
Ningsih. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto : STAIN Press.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Nurmala, E. (2022). Makna Implisit Bahasa Kiasan Dalam Tuturan Anne Ratna Mustika: Mempertalikan Komunikasi, Kognisi Dan Pragmatik. Jurnal Bisnis, 10(2), 102–110.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Purwandari. (2018). Penguatan Pendidikan karakter. Jakarta : Erlangga.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Saepudin, G. W. (2019). The Effect of Work Ethic on The Professional Competences of University Lecturers at Jakarta of Indonesia. 1st International Conferenfe on Administration Science (ICAS 2019), 343, 327–332.
Saepudin, S. (2021). Improving the Ability to Understand the Quran Reading through the Application of the Mind Map Method during the Covid 19 Pandemic in Al-Qur’an Education Institutions Qurrota A’yun at Kutaraja Village, Maleber District, Kuningan Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 14331–14338.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.
Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.
Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.
Uswatiyah, W. (2023). Instilling religious character values in elementary school students through Islamic religious education learning. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(9), 100–107.
Zubaedi. (2011). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muflikhun Muflikhun, Khoirul Khobir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












