PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN TERHADAP HAL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 KOTA SORONG

Authors

  • Nurhikmah Nurhikmah Universitas Muhammadiyah Sorong ,
  • Hilda Oktavia Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Risma Alam Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Abu Sofyan Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Andi Maryam Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i5.247

Keywords:

Pendidikan Karakter, Disiplin, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh disiplin belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 2 Remu Kota Sorong. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter disiplin terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas 1 SD Negeri 2 Kota Sorong. Pendekatan dalam penelitian Mata pelajaran Bahasa Indonesia ini di SD Negeri 2 Remu Kota Sorong adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bimbingan belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di kelas rendah sekolah dasar. Bimbingan belajar dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan belajar bagi para siswa sekolah dasar. Sementara itu hasil belajar bahasa Indonesia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor internal dan faktor eksternal siswa sekolah dasar, Penelitian ini berfokus pada bimbingan belajar yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Sehingga siswa cenderung tidak menyukai mata pelajaran bahasa Indonesia dan hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah dasar.

References

Ahmad dkk. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam lingkungan keluarga. Jurnal Pendias, 3(1), 1–24.

Anisah. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 117–130.

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arikunto. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : Aditya Media & FIP UNY.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Fardiansyah, A. (2023). Efektivitas Pengelolaan Wakaf Tunai Di Badan Wakaf Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 199–210.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Khairani, A. (2020). Analisis Peran Pembiayaan dan Pembinaan terhadap Perkembangan Usaha dan Peningkatan Kesejahteraan Mitra BMT Al Fath IKMI. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Khairani, A. (2023). Perbandingan Fungsi Bmt Sebagai Baitul Maal Dan Baitul Tamwil. Perbandingan Fungsi Bmt Sebagai Baitul Maal Dan Baitul Tamwil, 4(2), 175–186.

Khairani, A. (2024). Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pengembangan Umkm Menggunakan Partial Least Square. Mizanuna: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(1), 71–84.

Majid. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

Nafisah, H. (2020). Analysis of the effect of macroeconomics on net assets value (nav) of sharia mutual funds in Indonesia. International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC), 4(1), 11–20.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rantaprasaja, L. (2023). Dampak Nisbah Bagi Hasil Deposito Mudharabah Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 187–198.

Rantaprasaja, L. (2024). Navigating the economic paradigm in the 5.0 era: Leadership choices between moral and capital economic approaches for global economic sustainability. International Journal of ACCOUNTING, FINANCE & BUSINESS, 9(58), 201–209.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan Bri Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Setyawati, D. P. (2023). Mekanisme Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Dan Shadaqah Di Bank Syariah Sebagai Implementasi Fungsi Sosial Bank. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidika, 4(2), 211–220.

Sulaiman, S. (2024). Strategies For Developing The Quality Of Smk Education Islamic High School Majoring In Multimedia And Technology Information (Case Study In Parung Panjang District-Bogor Regency). Interdiciplinary Journal & Hummanity (INJURITY), 3(9).

Supriyono, S. (2019). Efficiency performance analysis of Panin Dubai Syariah Bank in collecting and distributing third party funds before and after merger. I-Finance: A Research Journal on Islamic Finance, 5(1), 46–56.

Syahlarriyadi, S. (2023). The role of leaders of islamic educational institutions in increasing the quality of islamic education in madrasah. Proceeding of The Postgraduate School Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1, 443–470.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Toharoh, T. (2024). The Impact of Using Digital Novel Applications on the Psychology of Adolescents in the 21st Century Era. International Conference of Bunga Bangsa, 2(1), 32–41.

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Widjaya, A. (2023). Fenomena Perjudian Online Dan Dampaknya Terhadap Ekonomi Keluarga:(Studi Kasus di Desa Malangnengah, Pagedangan, Tangerang). MIZANUNA: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 16–27.

Zulfahmi, Z. (2021). Participation Banks in Turkey: Issues and Proposes Strategies Based on SWOT Analysis. International Journal of Islamic Economics and Finance (IJIEF), 4, 121–152.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN TERHADAP HAL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 KOTA SORONG. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(5), 768-781. https://doi.org/10.57171/jt.v5i5.247

Most read articles by the same author(s)