HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA PADA PELAJARAN KIMIA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Dedi Irwandi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, ,
  • Rizqy Nur Sholihat Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta image/svg+xml
  • Fajriah Nuraida Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i5.246

Keywords:

Self Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik, Distance learning

Abstract

Selama pembelajaran jarak jauh, siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran kimia. Selain itu, siswa diberikan banyak tugas sehingga hal ini menyebabkan siswa melakukan penundaan pengerjaan tugas. Kemampuan self regulated learning yang dimiliki siswa mempunyai peran untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode korelasional dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XII SMAN 58 Jakarta, SMAN 64 Jakarta, dan SMAN 105 Jakarta jurusan IPA. Instrumen yang digunakan berupa angket self regulated learning dan angket prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self regulated learning siswa masuk ke kategori tinggi dengan persentase 67,9%, dan tingkat prokrastinasi akademik siswa masuk ke kategori sedang dengan persentase 59,1%. Nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,228 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa SMA pada pelajaran kimia selama pembelajaran jarak jauh.

References

Amalia. (2015). Aplikasi Strategi Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi pembelajaran Logaritma Di Kelas X Matematika dan Ilmu Alam 5 SMA Negeri 2 Palopo. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo.

Annisa. (2021). Hubungan Antara Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA Muhammadiyah Mungkid Kabupaten Magelang dalam Masa Pembelajaran Jarak Jauh Tahun 2021. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Azwar. (2017). Metode Peneletian Psikologi (II). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fazriah. (2019). Hubungan Self-Regulated Learning dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gracelyta & Harlina. (2021). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Kelas XI SMA Negeri 1 Martapura. Jurnal Konseling Komprehensif, 8(1), 46–54.

Gunawan. (2015). Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Hakim. (2021). Upaya Meningkatkan Regulasi Diri Siswa Melalui Penerapan Teknik Reframing Di SMKN 2 Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 1–14.

Harahap & Harahap. (2020). Covid 19: Self Regulated Learning Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1), 36–42.

Hudaifah. (2020). Peran Self Regulated Learning di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 76–84.

Kadir. (2015). Statistika Terapan Kosep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 5(2), 171–187.

Kartikasari dkk. (2022). Hubungan Self Regulated Learning dan Dukungan Orangtua Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 388–398.

Khoerunnisa dkk. (2021). Gambaran Self Regulated Learning Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Pedagogy for Creative Problem Solving, 4(4), 298–308.

Machdavikia. (2021). Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mujirohmawati & Khoirunnisa. (2022). Hubungan Antara Regulasi Diri dalam Belajar dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 116–124.

Mulyana dkk. (2015). Peran Motivasi Belajar, Self-Efficacy, dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Self-Regulated Learning pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 165–175.

Nani. (2012). Konstruksi Self-Regulation Skill dan Help-Seeking Behavior. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (November)., 449–458.

Purwanto dkk. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemik Covid-19. Journal of Chemical Education, 11(1), 14–22.

Putri & Dewi. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Saat Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian Psikologi, 8(8), 72–82.

Rahayu & Hidayati. (2021). Analisis Penyebab Prokrastinasi Akademik Matematika Siswa SMA Sederajat Saat Pembelajaran Daring. Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 30–37.

Rahmawati dkk. (2020). Analisis Pembelajaran Daring saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Primary Education, 1(2), 139–148.

Ramadhita dkk. (2022). Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 6(1), 19–29.

Ramanta & Widayanti. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(5), 61–67.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian: Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Ristiyani & Bahriah. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–28.

Santika & Sawitri. (2016). Self-Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Empati, 5(1), 44–49.

Sintema. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students : Implications for STEM Education. Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6.

Siregar. (2014). Hubungan Self-efficacy, Self-regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. Universitas Medan Area.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.

Ulum. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi., 3(2), 153–170.

Wolters. (2003). Understanding procrastination from a self-regulated learning perspective. Journal of Educational Psychology, 95(1), 179–187.

Woolfolk. (2014). Educational Psychology (Twelfth). Pearson Education.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA PADA PELAJARAN KIMIA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(5), 754-767. https://doi.org/10.57171/jt.v5i5.246

Most read articles by the same author(s)