TUMBUH KREATIF BERSAMA MERDEKA BELAJAR BERBASIS PROYEK DIMASA GOLDEN AGE

Authors

  • Ika Alpiyah STAI Nida El Adabi ,

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.239

Keywords:

Tumbuh Kreatif, Merdeka Belajar, Berbasis Proyek, Golden Age

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tumbuh secara kreatif dengan proyek mandiri pembelajaran berbasis selama masa keemasan. Salah satu pilar utama dalam kurikulum merdeka belajar, yaitu pembelajaran yang dilaksanakan adalah Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan temuan permasalahan di lapangan terkait pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek pada masa Golden Age. Golden Age dalam dunia pendidikan merupakan masa yang sangat penting dalam perkembangan individu, dimana kreativitas dan kemampuan belajar mandiri menjadi landasan utama. Penelitian ini mencoba mengeksplorasi bagaimana pendekatan pembelajaran proyek dapat digunakan sebagai sarana untuk memfasilitasi kreatif pertumbuhan dengan "Merdeka Belajar" selama masa keemasan serta menerapkan pembelajaran kreatif proyek dan dampaknya terhadap perkembangan kognitif dan sosial anak selama ini. Di dalam Faktanya, setiap orang mempunyai kreativitas yang berbeda-beda, baik anak-anak maupun orang dewasa. Hampir semua pekerjaan memerlukannya kreativitas khususnya menjadi seorang guru, karena semakin kreatif seorang guru maka semakin menyenangkan pembelajarannya akan menjadi. Kesimpulan penelitian ini bahwa lingkungan keluarga, orang tua dan guru merupakan faktor penting dalam mengembangkan kreativitas anak. Perkembangan anak-anak kreativitas juga bisa dikembangkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Jadi Tumbuh kembang untuk anak di masa depan bergantung pada lingkungannya.

References

Almarzooq et al. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology., 75(20), 2635–2638.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo, 11, 121.

Chadijah, S. (2022). Interferensi bahasa dalam komunikasi massa Dedi Mulyadi di channel youtube Kang Dedi Mulyadi. Jurnal Bisnis, 10(1), 140–152.

Chadijah, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 125–137.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 579–594.

Kartika, I. (2018). The Relationship Between Jigsaw Cooperative Learning Method And Parents Attention With English Learning Achievement Student In Public Junior High School 4 Bogor. 2 Nd English Language and Literature International Conference (ELLiC)., 2(2), 313–320.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147–160.

Kennedy et al. (2015). The Project Approach Meta-Project: Inquiry-Based Learning in Undergraduate Early Childhood Teacher Education. Am. J. Educ. Res., 3(7), 907–917.

Khadijah. (2020). Media Pembelajaran Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Program Studi PGRA, 2(2), 154-155.

Kokotsaki et al. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improv., 19(3), 267–277.

Kuo et al. (2022). Let’s Escape! The Impact of a Digital- Physical Combined Escape Room on Students’ Creative Thinking, Learning Motivation, and Science Academic Achievement. Educ. Sci., 12(9), 615–625.

Manouchehri and Burns. (2023). A Participatory School in Iran: A Bottom-Up Learning Approach in a Top-Down Education System. Educ. Urban Soc., 55(3), 263–288.

Mawati, A. T. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69–82.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Munandar. (2009). Pengembang Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 135–142.

Prameswari. (2020). Merdeka belajar: sebuah konsep pembelajaran anak usia dini menuju indonesia emas 2045. Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1(1), 76–86.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Ropitasari, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Karakter Religius Pada Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12, 1–14.

Saepudin, S. (2019). The Effect of Work Ethic on The Professional Competences of University Lecturers at Jakarta of Indonesia. First International Conference on Administration Science (ICAS 2019), 327–332.

Saepudin, S. (2020). Manajemen kompetensi dosen berbasis Islam dalam mewujudkan perguruan tinggi bermutu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 089–101.

Saepudin, S. (2021). Improving the Ability to Understand the Quran Reading through the Application of the Mind Map Method during the Covid 19 Pandemic in Al-Qur’an Education Institutions Qurrota A’yun at Kutaraja Village, Maleber District, Kuningan Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 14331–14338.

Saepudin, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Etos Kerja Dosen Perguruan Tinggi Islam Di LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat Indonesia. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Unisa Kuningan, 3(3), 255–273.

Shahib. (2010). Pembinaan Kreativitas Anak Guna Membangun Kompetensi. Bandung : P.T. Alumni.

Sudarma. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Surya, C. M. (2020). Upaya Meningkatkan Pengenalan Warna Melalui Metode Bermain Dengan Alat Penjepit Pakaian. Jurnal Tahsinia, 1(2), 147–154.

Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.

Surya, C. M. (2023). Kegiatan Pembelajaran Untuk Mengembangkan Fisik Dan Motorik Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 75–82.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

UNESCO. (2020). Pendidikan untuk Manusia dan Planet: Menciptakan Masa Depan Berkelanjutan untuk Semua. Diperoleh dari https: //en.unesco.org/gemreport/report/2020/education-people-and-planet-creating-sustainable-fut.

Venugopal. (2016). Project Approach to Learning in Early Childhood Education. World J. Educ. Res., 3(1), 86–96.

Downloads

Published

2023-10-29

Issue

Section

Artikel

How to Cite

TUMBUH KREATIF BERSAMA MERDEKA BELAJAR BERBASIS PROYEK DIMASA GOLDEN AGE. (2023). Jurnal Tahsinia, 4(2), 463-474. https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.239