PEMANFAATAN APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.232Keywords:
Aplikasi Youtube, Media Pembelajaran PAI, Era DigitalAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi zaman modern memaksa Pendidikan Agama Islam (PAI) berkembang dengan cepat, efisien dan efektif, sehingga pembelajaran PAI tidak ketinggalan dengan digitalisasi dunia yang semakin maju. Sarana belajar di era globalisasi digital saat ini layaknya disesuaikan dengan kemajuan teknologi. Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran yaitu menjadi salah satu untuk meningkatkan ketertarikan minat belajar peserta didik agar pembelajarannya tidak selalu monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan aplikasi YouTube sebagai media pembelajaran PAI. YouTube sebagai salah satu platform digital yang cukup banyak diminati oleh pengguna internet di Indonesia sangat potensial menjadi sumber media pembelajaran. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Aplikasi YouTube merupakan topik utama, dengan hal bahasan tentang pemanfaatan aplikasi YouTube sebagai media pembelajaran PAI di era digital. Informasi ini dikumpulkan menggunakan jenis metode deskriptif analisis menggunakan sarana penelitian berupa jurnal. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan aplikasi YouTube dengan kemudahan penggunaan dan fungsinya yang beragam dapat bermanfaat sebagai sarana dalam proses belajar yang inovatif dan interaktif. Tetapi selain pengaruh positif terdapat pula pengaruh negatif dalam pemanfaatan YouTube, sehingga diharapkan bagaimana pendidik dapat kreatif dan cermat dalam penggunaan media tersebut agar berjalan dengan efektif dan peserta didik bijak dalam menggunakannya.
References
andayani. (2006). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.
Aprilinia. (2022). Pengaruh Media Sosial Youtube Terhadap Religiusitas Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Riau: Universitas Islam Riau.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: Cv Widina Media Utama.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Astuti. (2021). Dampak Media Youtube Dalam Proses Pembelajaran Dan Pengembangan Kreatifitas Bagi Kaum Milenial. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu., 26(1), 89–101.
Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) Di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo, 11, 121.
Chadijah, S. (2022). Interferensi Bahasa Dalam Komunikasi Massa Dedi Mulyadi Di Channel Youtube Kang Dedi Mulyadi. Jurnal Bisnis, 10(1), 140–152.
Chadijah, S. (2023). A Correlational Study Of Gadget Used Towards Reading Interest. Journal Of English Culture, Language, Literature And Education, 11(1), 59–78.
Choirunnisa. (2020). Using Youtube Content As A Supplementary Instructional Media For Economics Subject Of Senior High School. Classroom Action Research Journal (Carjo)., 3(3), 85–94.
Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.
Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.
Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.
Hadiansah, D. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard. Bandung: Azka Hafidz Maulana Foundation.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.
Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (Jahe), 3(2), 172–178.
Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning As A Learning Media Innovation Islamic Education. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 579–594.
Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Kartika, I. (2018). The Relationship Between Jigsaw Cooperative Learning Method And Parents Attention With English Learning Achievement Student In Public Junior High School 4 Bogor. 2 Nd English Language And Literature International Conference (Ellic)., 2(2), 313–320.
Kartika, I. (2022). The Effect Of Improving Spiritual Quotient And Emotional Quotient On Mental Health In Sya’ban Month At The Pandemic Covid 19 In Jakarta. Al-Wasathiyah: Journal Of Islamic Studies, 1(1), 35–49.
Kartika, I. (2023). The Influence Of Emotional Intelligence And Spiritual Intelligence On Teacher Professionalism At Madrasah Aliyah Attahiriyah Jakarta. History Of Medicine, 9(1), 266–276.
Komsiyah. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kalangan Milenial. Prosiding The Annual Conference On Islamic Religious Education, 2(1), 505–515.
Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner Dan Authentic Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran Di Smk. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.
Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.
Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.
Mf Ak. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Mujianto. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian., 5(1), 135–159.
Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Naharir Dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester Ii Sd Gugus Vi Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Mimbar Pgsd Undiksha, 6(1), 15–21.
Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.
Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.
Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.
Riyanti, A. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Ropitasari, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Karakter Religius Pada Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12, 1–14.
Saepudin, S. (2021). Improving The Ability To Understand The Quran Reading Through The Application Of The Mind Map Method During The Covid 19 Pandemic In Al-Qur’an Education Institutions Qurrota A’yun At Kutaraja Village, Maleber District, Kuningan Regency. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal), 4(4), 14331–14338.
Saepudin, S. (2022). Manajemen Kompetensi Dosen Berbasis Islam Dalam Mewujudkan Perguruan Tinggi Bermutu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam., 9(1), 089–101.
Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: Cv Widina Media Utama.
Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.
Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.
Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.
Suryaningsih, I. (2023). Sastra Arab Bandingan: Potret Karya Antar Negara, Budaya Dan Peradaban. Idea Press.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (Jkipm), 1(1), 42–52.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.
Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan Di Era Disrupsi. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.
Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.
Uswatiyah, W. (2023). Instilling Religious Character Values In Elementary School Students Through Islamic Religious Education Learning. Jppi (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(9), 100–107.
Wahyuni, R. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Stt Wastukancana Purwakarta. Bisnis STIEB Perdana Mandiri, 9(1), 21–29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Latif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












