STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM JUAL BELI MELALUI E-COMMERCE DI INDONESIA BERDASARKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i2.206Keywords:
Strategi Pendidikan Islam, Keabsahan, Perlindungan Konsumen, Jual-BeliAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi perlindungan konsumen dalam bertransaksi melalui media internet, bagaimana keabsahan penggunaan perjanjian standar dalam transaksi jual beli e-commerce di Indonesia berdasarkan Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Nomor 11 Tahun 2008, mengenai ketidakmampuan tersebut dapat dimulai dari fakta bahwa tidak adanya definisi khusus untuk e-commerce dalam kerangka UU ITE, sebab kegiatan perdagangan yang dilakukan secara elektronik tersebut dipahami sebagai “transaksi elektronik”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pendidikan islam dalam jual beli melalui e-commerce di Indonesia berdasarkan peraturan perundang-undangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal. Adapun teknik penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar pada siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal yang bersumber dari diri sendiri dan faktor eksternal yang bersumber dari luar diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesepakatan perjanjian jual beli biasanya akan dicapai melalui media term of use dan sale term condition atau yang disebut dengan perjanjian standar yang telah disediakan oleh merchant website, dan jika seorang online konsumen menerima term of use dan sales term condition maka konsumen tinggal memilih tombol accept dan pada saat itulah lahir perjanjian antara merchant website dengan online consumer. Metode penelitian yang digunakan adalah Yuridis normatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Dalam undang-undang konsumen Nomor 8 tahun 1999 terdapat perlindungan konsumen.
References
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan Peningkatan Inovasi Produk Makanan Khas Subang Jawa Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1094–1106.
Arifudin, O. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 767–775.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Utilization of artificial intelligence in scientific writing. Journal of Technology Global, 1(2), 131–140.
Athik Hidayatul Ummah. (2021). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis. Bandung: Widina Media Utama.
Bairizki, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo, 11, 121.
Chadijah, S. (2022). Interferensi bahasa dalam komunikasi massa Dedi Mulyadi di channel youtube Kang Dedi Mulyadi. Jurnal Bisnis, 10(1), 140–152.
Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 161–174.
Departemen Agama RI. (2004). Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Jumanatul Ali Art (JART).
Fasa, I. (2020). Eksistensi Bisnis Islami Di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.
Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 579–594.
Jumiati, E. (2024). Women’s Empowerment, Social Inclusion, And Attitude Change Through A Study Of Sekoper Cinta Model In Cibogo Hilir Village Plered Purwakarta. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1568–1576.
Kartika, I. (2018). The Relationship Between Jigsaw Cooperative Learning Method And Parents Attention With English Learning Achievement Student In Public Junior High School 4 Bogor. 2 Nd English Language and Literature International Conference (ELLiC)., 2(2), 313–320.
Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.
Labetubun, M. A. H. (2021). Sistem Ekonomi Indonesia. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Nasution. (2011). Hukum Perlindungan Konsumen : suatu pengantar. Cetakan ke-4. Jakarta: Diadit Medika.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Noviana, P. L. (2023). Pandangan Ekonomi Islam Dalam Jual Beli Online Pada Generasi Milenial. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI), 2(2), 158–169.
Saepudin, S. (2019). The Effect of Work Ethic on The Professional Competences of University Lecturers at Jakarta of Indonesia. First International Conference on Administration Science (ICAS 2019), 327–332.
Saepudin, S. (2020). Manajemen kompetensi dosen berbasis Islam dalam mewujudkan perguruan tinggi bermutu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 089–101.
Saepudin, S. (2021). Improving the Ability to Understand the Quran Reading through the Application of the Mind Map Method during the Covid 19 Pandemic in Al-Qur’an Education Institutions Qurrota A’yun at Kutaraja Village, Maleber District, Kuningan Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 14331–14338.
Saepudin, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Etos Kerja Dosen Perguruan Tinggi Islam Di LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat Indonesia. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Unisa Kuningan, 3(3), 255–273.
Shavab, F. A. (2021). Dasar Manajemen & Kewirausahaan (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Shihab. (2008). Tafsir Al-Mishbah (Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an). Tangerang: Penerbit Lentera Hati.
Sofyan, Y. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Telur Asin H-Organik. Jurnal Ecodemica, 4(2), 341–352.
Sudirman, A. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.
Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.
Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.
Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anis Magfiroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












