ANALISIS SWOT (STRENGTHS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES, THREATS) DAN PEST (POLITIK, EKONOMI, SOSIAL, TEKNOLOGI) DALAM MENINGKATKAN RAPOR MUTU PENDIDIKAN DI SDN 036 UJUNGBERUNG
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.204Keywords:
Analisis SWOT, Analisis PEST, Mutu PendidikanAbstract
Pendidikan berkualitas merupakan pilar utama dalam membangun bangsa yang kompetitif. Namun, rapor mutu pendidikan di SDN 036 Ujung Berung masih menghadapi tantangan dalam aspek literasi, numerasi, dan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman) dan PEST (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi) dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT dan PEST berperan penting dalam membantu kepala sekolah merancang strategi yang fokus pada peningkatan pengembangan karakter, literasi, serta iklim keamanan satuan pendidikan. Meskipun demikian, perbaikan dalam aspek numerasi dan kualitas pembelajaran masih diperlukan. Secara keseluruhan, analisis SWOT dan PEST terbukti efektif sebagai media informasi dalam pengambilan keputusan strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan di SDN 036 Ujung Berung, sehingga lebih terarah dan berdampak positif.
References
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Garnika et al. (2021). Implementasi analisis SWOT dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2), 162–169. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.3031
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049
Isamuddin et al. (2021). Implementasi analisis SWOT pada manajemen strategik dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Muara Bungo. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.770
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Kristiawan et al. (2020). Analisis SWOT Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Internasional Ilmu dan Teknologi Progresif, 20(1), 17-25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52155/ijpsat.v20.1.1704
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.
McGrath & Bates. (2017). The little book of big management theories and how to use them (2nd ed.). Pearson Education Limited.
Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(1), 100–109.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Rahmawati & Amri. (2013). Perencanaan strategi sistem, teknologi dan manajemen informasi dalam meningkatkan daya saing sekolah dan kompetensi lulusan (Studi kasus: SMK Hutama Bekasi). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 1(1), 14–21.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Rochman. (2019). Analisis SWOT dalam lembaga pendidikan (Studi kasus di SMP Islam Yogyakarta). Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, 3(1), 36–52.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.
Shidqiyyah & Antariksa. (2024). Strategi peningkatan kinerja pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 15–30.
Solihin et al. (2019). SWOT analysis on the transformation of Islamic higher education. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 159–174. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jpi.v5i2.3107
Subandi. (2018). Manajemen Kurikulum Berbasis Madrasah Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Metro Tahun 2017: Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Metro tahun 2017. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 214–248. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/ji.v3i1.199
Sujoko. (2017). Strategi peningkatan mutu sekolah berdasarkan analisis SWOT di sekolah menengah pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 83–91. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p83-96
Supriyantoko. (2019). Perancangan strategis sistem informasi di SMK Diponegoro 1 Jakarta. Elinvo: Electronics, Informatics, and Vocational Education, 3(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i2.21862
Susilawati. (2017). Analisis SWOT Penyelenggaraan Diklat Online Tik Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 349-364. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.395
Suteja. (2024). Pendidikan berkualitas untuk mempersiapkan generasi Indonesia Emas 2045. Senakombis, 1(1), 17–23.
Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hendi Suhendraya Muchtar, Helmawati Helmawati,Teti Hartati , Entis Sutisman , Ai Siti Hajar Awaliyah , Nurul Juliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












