MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: PERAN KAMPUS MENGAJAR DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.186

Keywords:

Kampus Mengajar, Tranformasi, Pendidikan

Abstract

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mencanangkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bertujuan untuk menciptakan Pendidikan tinggi yang yang relevan dengan kebutuhan zaman. Kampus Mengajar menjadi salah satu program unggulan MBKM, program ini memungkinkan mahasiswa terlibat langsung dalam mendukung pendidikan di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran Kampus Mengajar dalam transformasi Pendidikan di Indonesia. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis untuk memperoleh gambaran bagaimana peran kampus mengajar dalam transformasi Pendidikan di Indonesia. Sumber data adalah mahasiswa peserta program Kampus Mengajar, Kepala Sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Kampus Mengajar berperan dalam transformasi Pendidikan di Indonesia dalam meningkatkan mutu pembelajaran, pemberdayaan guru, peningkatan kemampuan literasi dan numerasi serta memperkuat peran mahasiswa sebagai agen perubahan. Rekomendasi pada artikel ini adalah pengembangan program agar dapat lebih memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam program Kampus Mengajar.

References

Abdurahman et al. (2023). Upaya Peningkatan Melek Tekhnologi dan Administrasi melalui Program Kampus Mengajar pada SDN Banjarsari 04 Kabupaten Jember. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 131–138. https://doi.org/https://doi.org/10.35912/yumary.v3i3.1451

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Ernawati et al. (2024). Kontribusi Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi di UPT SDN 17 Pinti Kayu Ketek. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2950–2956. https://doi.org/https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.634

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Hasibuan et al. (2022). Pengembangan Inovasi Literasi, Numerasi, Administrasi, dan Teknologi di SDN Kertamukti 01 Melalui Program Kampus Mengajar Batch 1. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 67–74. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pgsd.15.1.67-74

Hengki et al. (2024). Pemberdayaan Mahasiswa Melalui Program Kampus Mengajar: Kolaborasi dengan Sekolah untuk Peningkatan Literasi dan Numerasi di Pematangsiantar. Nusantara Mengabdi Kepada Negeri, 1(4), 16–24. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/numeken.v1i4.577

Istiqomah et al. (2024). Persepsi Guru Terhadap Platform Merdeka Mengajar: Merespon Transformasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 410–422. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.2442

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kemdikbud. (2020). Buku panduan merdeka belajar kampus merdeka. Jakarta: Direktorat jenderal pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Khasanah et al. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah: (Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Meke et al. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940

Meldya et al. (2024). Implementation of Sustainable Development Goals (SDGs) in realizing quality education at Daarut Tauhiid Boarding School Putri Junior High School. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 211–222. https://doi.org/https://doi.org/10.55904/educenter.v3i3.1251

Melyen et al. (2024). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi di SD Negeri 017/XI Sungai Ning. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2924–2931. https://doi.org/https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.632

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Pristya et al. (2022). Kontribusi Mahasiswa untuk Menunjang Adaptasi Teknologi di SD N Kedungpane 01 Kota Semarang dalam Program Kampus Mengajar. Manggali, 2(1), 139–149. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1990

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Suwanti et al. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program MBKM Kampus Mengajar pada Persepsi Mahasiswa. Jurnal pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(3), 814–824. https://doi.org/https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8773

Tampubulon et al. (2022). Student’s experience in the implementation of Kampus Mengajar 2 (KM2). International Journal of Health Science and Technology, 4(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.31101/ijhst.v4i1.2351

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: PERAN KAMPUS MENGAJAR DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(9), 1288-1298. https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.186