KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ASPEK AKADEMIK, AKHLAK, DAN SPIRITUAL SISWA DI ERA MODERN

Authors

  • Ridha Nestu Adidarma STAI Al-Azhary Cianjur
  • Neng Yayu Purwanti STAI Al-Azhary Cianjur
  • Yuni Hoirunisa STAI Al-Azhary Cianjur
  • Maspuroh Maspuroh STAI Al-Azhary Cianjur

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i8.175

Keywords:

Pendidikan Islam, Aspek Akademik, Akhlak, Spiritual Siswa, Era Modern

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia yang berfungsi sebagai panduan untuk menjalani kehidupan dan memenuhi tanggung jawab kepada Sang Pencipta. Dalam konteks Islam, pendidikan tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pembentukan karakter dan moral yang berlandaskan Al-Qur'an dan Sunnah. Kemajuan teknologi modern menghadirkan tantangan, terutama bagi generasi muda yang terpengaruh oleh budaya materialisme sehingga sering mengabaikan nilai-nilai spiritual. Oleh karena itu, pendidikan Islam diharapkan dapat memberikan solusi melalui pendekatan holistik yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan Islam dalam mengembangkan aspek akademik, moral, dan spiritual siswa di era modern. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam mencakup aspek-aspek fundamental, termasuk tujuan, peserta didik, pendidik, proses pembelajaran, dan kurikulum yang relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini menekankan pentingnya nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupan masyarakat dan spiritualitas.

References

Al Habib Zain bin Ibrahim Bin Sumaith. (2006). Al Manhaj Al Sawi. Jakarta: Darul Ilmi Wad Da’wah.

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Daulay, H. P. (2021). Pemberdayaan pendidikan Islam di Indonesia. Perpustakaan Nasional RI.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Djumransjah dan Amrullah. (2007). Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Muchtar., H. J. (2017). Fikih pendidikan. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Mujib dkk. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Muntahibum. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Teras.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ASPEK AKADEMIK, AKHLAK, DAN SPIRITUAL SISWA DI ERA MODERN. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(8), 1242-1253. https://doi.org/10.57171/jt.v5i8.175

Most read articles by the same author(s)