HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA KELAS IV MI HIDAYATUL MUTA'ALIMIN KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.170Keywords:
Minat Belajar, hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan IslamAbstract
Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada Madrasah Ibtidaiyah termasuk pelajaran yang cukup sulit dipahami daripada ilmu-ilmu lainnya, karena SKI mempelajari sesuatu yang sudah terjadi, tetapi peristiwa itu tidak dialami langsung oleh siswa. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat siswa dalam belajar mata pelajaran SKI, ada tidaknya hubungan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran SKI di kelas tersebut, seberapa besar tingkat hubungan minat siswa dengan hasil belajar mereka. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen). Hasil penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas IV MI Hidayatul Muta’alimin Kota Bekasi, menunjukan bahwa minat belajar siswa terhadap mata pelajaran SKI perlu mendapat perhatian dan perlu ditingkatkan lagi, karena mata pelajaran SKI merupakan pelajaran mengenai Sejarah Kebudayaan Islam yang harus diketahui siswa sebagai umat Islam. Minat belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar mata pelajaran SKI siswa kelas IV MI Hidayatul Muta’alimin Kota Bekasi. Kedua varibel tersebut berkorelasi sangat kuat, hal ini karena berdasarkan hasil korelasi diperoleh r = 0,94. Besar korelasi minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran SKI siswa kelas IV MI Hidayatul Muta’alimin Kota Bekasi adalah 88,36% dan sisanya 11,64 % ditentukan oleh faktor lainnya.
References
Ahmad, S. (2013) Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arifudin, O. (2018) ‘PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN STIT RAKEYAN SANTANG KARAWANG’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), pp. 209–218.
Arifudin, O. (2020) PSIKOLOGI PENDIDIKAN (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Departemen Pendidikan Nasional (2002) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djaali (2013) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2002) Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hariyanto, S. & (2012) Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Hendar (2019) ‘MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DENGAN METODE SING THE NATIONAL ANTHEM MELALUI VOKALISI’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 63-72.
Hurlock, E. (1998) Psikologi Perkembangan. Edited by Terj. Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Diponegoro.
Mulyasa, E. (2010) Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Rosda.
Musfiqon (2012) Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.
Musyadad, V. F. (2019) ‘PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 1–13.
Nasem (2019) ‘UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHETMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 73–81.
Priansa, D. J. (2015) Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Setiawati, M. U. U. dan L. (2002) Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto (2010) Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pustaka Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Hani Nurhayanti, Hendar, Santika Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












