HUBUNGAN ANTARA LIVING AL-QUR’AN DAN HADIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Abduh Fauzan STAI Nida El Adabi

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.139

Keywords:

Living Qur’an dan Hadis, Kurikulum Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa living Quran dan hadis menggambarkan sebuah perspektif dalam mengkaji kitab suci yang menjadi pedoman umat islam, bukan hanya secara tekstual tetapi juga kontekstual. Living Quran dan hadis yang merupakan salah satu penelitian ilmiah yang mengkaji fenomena sosial berkaitan dengan keberadaan Al-Quran dan Hadis di tengah masyarakat muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara living al-qur’an dan hadis dalam pendidikan islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada hakekatnya, Al-Quran dan hadis menjadi landasan utama dalam menyusun kurikulum pendidikan Islam karena di dalamnya terdapat nilai-nilai keislaman yang dapat menjadi pedoman untuk mengajarkan kebaikan terhadap sesama umat manusia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Living Quran dan hadis dalam pendidikan Islam serta kehidupan sehari-hari memegang peranan yang sangat penting untuk menjaga kaidah-kaidah agama dalam keberlangsungan hidup manusia. Dalam penerapannya, living Quran dan hadis sangat berpengaruh dalam Pendidikan Islam terutama dalam penyusunan kurikulum. Tauhid sebagai kerangka dasar kurikulum pendidikan Islam merupakan prinsip utama dalam seluruh dimensi kehidupan manusia baik dalam aspek hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan maupun aspek hubungan horizontal antara manusia sesamanya dan dengan alam sekitarnya, sehingga tercapai kehidupan yang seimbang antara dunia dan akhirat.

References

Abdul dan Andayani. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahimsa. (2013). The Living Al-Qur’an: Beberapa Perspektif Antropologi. Jurnal Walisongo, 20(1), 1–11.

Alhaddad., M. R. (2018). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 60–71.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo, 11, 121.

Chadijah, S. (2022). Interferensi bahasa dalam komunikasi massa Dedi Mulyadi di channel youtube Kang Dedi Mulyadi. Jurnal Bisnis, 10(1), 140–152.

Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 579–594.

Kartika, I. (2018). The Relationship Between Jigsaw Cooperative Learning Method And Parents Attention With English Learning Achievement Student In Public Junior High School 4 Bogor. 2 Nd English Language and Literature International Conference (ELLiC)., 2(2), 313–320.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147–160.

Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Qudsy., S. Z. (2016). Living Hadits: Genealogi, teori dan aplikasi. Jurnal Living Hadis, 1(1), 177–196.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Riyanti, A. (2022). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Ropitasari, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Karakter Religius Pada Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12, 1–14.

Saepudin, S. (2019). The Effect of Work Ethic on The Professional Competences of University Lecturers at Jakarta of Indonesia. First International Conference on Administration Science (ICAS 2019), 327–332.

Saepudin, S. (2020). Manajemen kompetensi dosen berbasis Islam dalam mewujudkan perguruan tinggi bermutu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 089–101.

Saepudin, S. (2021). Improving the Ability to Understand the Quran Reading through the Application of the Mind Map Method during the Covid 19 Pandemic in Al-Qur’an Education Institutions Qurrota A’yun at Kutaraja Village, Maleber District, Kuningan Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 14331–14338.

Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.

Syamsuddin., S. (2007). Ranah-ranah Penelitian dalam Studi al-Qur’an dan Hadits, dalam Metode Penelitian Living Qur’an dan Hadis. Yogyakarta: Teras.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Uswatiyah, W. (2023). Instilling religious character values in elementary school students through Islamic religious education learning. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(9), 100–107.

Downloads

Published

2023-10-29

Issue

Section

Artikel

How to Cite

HUBUNGAN ANTARA LIVING AL-QUR’AN DAN HADIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM. (2023). Jurnal Tahsinia, 4(2), 415-426. https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.139