PERAN METODE FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Asep Khairul Faizin STIT Rakeyan Santang
  • Latipah Latipah STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Flipped Classroom, Partisipasi Aktif, Pembelajaran Inovatif

Abstract

Metode flipped classroom merupakan pendekatan inovatif dalam pembelajaran yang membalik pola tradisional dengan memberikan materi sebelum tatap muka sehingga waktu di kelas digunakan untuk diskusi dan aktivitas kolaboratif. Penerapan metode ini diyakini mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran metode flipped classroom dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Umm Klari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan flipped classroom dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket partisipasi aktif siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen memiliki tingkat partisipasi aktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Data kuantitatif menunjukkan peningkatan skor partisipasi aktif siswa sebesar 25% setelah penerapan metode flipped classroom. Selain itu, hasil wawancara dengan guru dan siswa mengonfirmasi bahwa metode ini meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi serta membantu mereka lebih memahami materi secara mandiri. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan flipped classroom sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa. Rekomendasi diberikan kepada pendidik dan lembaga pendidikan untuk mengembangkan sumber belajar digital yang mendukung efektivitas metode ini.

References

Adhitiya. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped DenganPeer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journalof Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7451

Agustiningrum & Haryono. (2017). Penerapan model pembelajaran flipped classroom dan course review horay berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas xi ips 2 MAN kota batu. JIIP-Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 111–120.

Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.

Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Bergmann & Sams. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. Washington DC: International Society for Technology in Education.

Fadilah. (2023). Model pembelajaran flipped classroom sebagai upaya peningkatan keterampilan berbahasa siswa di madrasah ibtidaiyah. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 780-790.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Lestari. (2021). Trend analysis of flipped-classroom research in English language teaching: A bibliometric study. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 45-56.

Lo & Hew. (2017). A critical review of flipped classroom challenges in K-12 education: Possible solutions and recommendations for future research. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1), 1–10.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

Nugroho. (2023). Implementasi flipped classroom dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 89-98.

O’Flaherty & Phillips. (2015). The use of flipped classrooms in higher education: A scoping review. The Internet and Higher Education, 25, 85-95.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sari. (2020). Efektivitas flipped classroom dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 8(1), 45-54.

Shi et al. (2020). College students’ cognitive learning outcomes in flipped classroom instruction: A meta-analysis of the empirical literature. Journal of Computers in Education, 7(1), 79-103.

Sofyan, Y. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.

Sun & Wu. (2016). Analysis of learning achievement and teacher–student interactions in flipped and conventional classrooms. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 17(1), 79-99.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 234–242.

Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45

Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 1–9.

Van Alten et al. (2019). Effects of flipping the classroom on learning outcomes and satisfaction: A meta-analysis. Educational Research Review, 28, 100281.

Wang & Qi. (2018). Mastery-based learning in a flipped classroom: An exploration in an EFL undergraduate course. Journal of Computers in Education, 5(2), 291-317.

Wulandari. (2022). Flipped classroom sebagai alternatif model pembelajaran di era digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 200-210.

Zainuddin & Perera. (2019). Exploring students’ competence, autonomy and relatedness in the flipped classroom pedagogical model. Journal of Further and Higher Education, 43(1), 115-126.

Zuhairi. (2020). Desain Pembelajaran Digital dengan Model Flipped Classroom. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-10-28

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PERAN METODE FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH. (2023). Jurnal Primary Edu, 1(3), 368-381. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/103

Most read articles by the same author(s)