PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN MENNGUNAKAN METODE DEMONTRASI

Authors

  • Ety Kusmiati STIT Rakeyan Santang
  • Dede Kusnadi STIT Rakeyan Santang
  • Latipah Latipah STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Hasil Belajar, Akidah Akhlak, Metode Demontrasi

Abstract

Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak di kelas 3A SDIT An-Nisa Karawang masih tergolong sangat rendah di bawah KKM (nilai KKM pada mata pelajaran akidah akhlak yakni 60) dengan nilai KKM pada mata pelajaran Akidah Akhlak anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demontrasi untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak melalui metode demontrasi di kelas 3A SDIT An-Nisa Karawang. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun penelitian ini menggunakan metode demontrasi pada mata pelajaran akidah akhlak, menggunakan alat peraga secara langsung untuk memperlihatkan suatu proses, situasi, kejadian, urutan melakukan suatu kegiatan atau benda tertentu yang sedang dipelajari. Hasil dari penelitian di peroleh dari 10 siswa terdapat hasil pretes dengan nilai ≤ 50 hanya 6 orang saja dan yang mendapatkan nilai antara 50-60 hanya 3 orang siswa serta yang mendapatkan nilai 61-70 hanya 1 orang saja dan hasil post tes didapat dari 10 orang siswa yang mendapatkan nilai antara 71-80 ada 8 orang siswa dan yang mendapatkan nilai antara 81-100 yaitu ada 2 orang maka dari itu dengan menggunakan metode demontrasi melalui media puzzle geometri terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dalam mengenal nama-nama malaikat beserta tugasnya.

References

Abidin. (2019). Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Bagi Orang Tua Untuk Mendidik Anak Di Tpa Nurul Ihsan Desa Jenar Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun 2019 (Doctoral dissertation). Surakarta: IAIN Surakarta.

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arikunto, S. (2004). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Reneka Cipta.

Cecep, C. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70.

Chabibah, N. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Jurnal Tahsinia, 1(2), 199–208.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.

Hendar, H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Tarbiyah Islamiyah Dalam Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Dengan Metode Sing The National Anthem Melalui Vokalisi. Jurnal Tahsinia, 1(1), 63-72.

Latif, A. D. A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Mengikat Tali Sepatu Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 71–79.

Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mukrima. (2014). Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Suwangi.

Muzni. (2020). Strategi Pembelajaran dalam Profesi Keguruan. Depok: RajaGrafindo Persada.

Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Rohkmat, J. (2006). Pengembangan Taman Edukatif Berbasis Permainan Untuk Permainan di TKdan SD. Jurnal Dinamika Pendidikan, 2 (1), 45–52.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sugandi, D. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Pesawat Sederhana. Jurnal Tahsinia, 2(1), 37–50.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.

Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Downloads

Published

2023-06-29

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN MENNGUNAKAN METODE DEMONTRASI. (2023). Jurnal Primary Edu, 1(2), 154-169. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/391

Most read articles by the same author(s)