DAMPAK GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI GURU DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Asep Khairul Faizin STIT Rakeyan Santang
  • Beby Aprilia Susanto STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Sekolah Dasar

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran strategis dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif serta mempengaruhi motivasi guru di lingkungan sekolah dasar. Kepemimpinan yang efektif diyakini mampu memberikan inspirasi, dukungan, dan arah yang jelas bagi guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi guru di sekolah dasar, khususnya di wilayah Kecamatan Karawang Timur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian difokuskan pada tiga sekolah, yaitu SDN Adiarsa Timur II, SDN Karawang Wetan I, dan SDN Margasari I, dengan waktu pelaksanaan selama tiga bulan, yakni dari Desember 2022 hingga Februari 2023. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan kepala sekolah secara konsisten dapat meningkatkan motivasi guru, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Guru merasa dihargai, didukung, dan dilibatkan dalam pengambilan keputusan, yang pada gilirannya meningkatkan semangat kerja dan komitmen mereka terhadap tugas. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah yang berfokus pada pemberdayaan guru, komunikasi efektif, dan penciptaan budaya kolaboratif di sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengambil kebijakan pendidikan dan praktisi sekolah dalam merumuskan strategi peningkatan mutu sumber daya manusia di lingkungan pendidikan dasar.

References

Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.

Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Fadillah & Prasetya. (2021). Hubungan antara Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 12–20.

Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Lestari. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 1–10.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.

Mulyadi. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Implikasinya terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(2), 58–66.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rahmawati. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Implikasinya Terhadap Motivasi Kerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 128–137.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rohman & Sari. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 114–123.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sofyan, Y. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.

Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Sutrisno. (2022). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan dan Motivasi Guru. Jurnal Pendidikan dan Kepemimpinan Sekolah Dasar, 4(2), 67–75.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719

Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272

Tanjung, R. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348.

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.392

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Wulandari. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 45–53.

Zulfa. (2018). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 40–49.

Downloads

Published

2024-02-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

DAMPAK GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI GURU DI SEKOLAH DASAR. (2024). Jurnal Primary Edu, 2(1), 29-43. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/158

Most read articles by the same author(s)