PENGGUNAAN MEDIA BALOK ANGKA DALAM PENINGKATAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD KENANGA

Authors

  • Ratnani STIT Rakeyan Santang
  • Cecep Sundulusi STIT Rakeyan Santang
  • Ade Ismail Fahmi STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Berpikir Simbolik, Media Balok Angka

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi aspek kognitif yang mencakup kemampuan anak untuk dapat berpikir simbolik, seperti : belajar, mengingat, memecahkan masalah, dan memahami dunia sekitarnya. Pada usia dini, perkembangan kognitif anak berfokus pada pengembangan kemampuan berpikir abstrak, memori, pemecah masalah, dan keterampilan bahasa. Beberapa aspek perkembangan kognitif yang dapat di amati pada anak meliputi: mengelompokan, mencocokan, mengenali dan menghitung angka. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan berpikir simbolik salah satunya melalui media balok angka. Untuk memperoleh data di gunakan instrumen kegiatan pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur yang digunakan dalam penelitian adalah model kemmis dan mc taggart yang terdiri dari empat komponen yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus pertama 3 (tiga) kali pertemuan dan siklus kedua 2 (dua) kali pertemuan sampai tujuan penelitian tercapai. Hasil penelitian menggunakan skor dan persentase. Hasil observasi dan refleksi pada pratindakan belum berkembang (BB) 85% anak yg capaian mulai berkembang 15% anak dengan capaian sesuai harapan 0% dan anak yang berkembang sangat baik 0%.setelah dilakukan penelitian 2 siklus dengan media balok angka hasil penelitian akhir dari penelitian ini digambarkan pada siklus 2 dengan capaian belum berkembang (BB) 0% ,capaian anak mulai berkembang (MB) 0%, capaian anak sesuai harapan (BSH) 31% dan capaian anak berkembang sangat baik (BSB) 69%.

References

Ajeng. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Gresik: Caramedia Communication.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.

Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Yulianti. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains Ditaman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2023-10-20

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGGUNAAN MEDIA BALOK ANGKA DALAM PENINGKATAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD KENANGA . (2023). Plamboyan Edu, 1(3), 220-231. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/plamboyan/article/view/446

Most read articles by the same author(s)