MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN MENCOCOKAN GAMBAR PADA KELOMPOK A DI PAUD BONSAI
Keywords:
Kognitif, Anak Usia Dini, Mencocokan GambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif pengenalan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di Kelompok A PAUD Bonsai Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang dengan jumlah sampel 16 anak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan kekurangan kemampuan kognitif pengenalan angka pada kelompok usia tersebut di PAUD Bonsai. Banyak anak yang mengalami kesulitan dalam mengenali angka 1-10, sering tertukar antara angka 6 dengan 9, dan kesulitan dalam berhitung dari 1 sampai 10. Hasil praintervensi menunjukkan bahwa 75% anak belum mengalami kemajuan perkembangan yang signifikan. Pada Siklus I, kemampuan kognitif pengenalan angka 1-10 melalui kegiatan mencocokkan gambar mengalami peningkatan dengan 43,75% anak memenuhi harapan dan menunjukkan perkembangan sangat baik. Penelitian berlanjut ke Siklus II, di mana keterampilan kognitif dalam mengenali angka melalui aktivitas mencocokkan gambar terus meningkat, dengan 81,25% anak memenuhi harapan dan menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Peningkatan signifikan ini dibandingkan dengan pra-intervensi dan Siklus I menunjukkan bahwa aktivitas mencocokkan gambar efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenali angka.
References
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
Asep & Surya. (2023). Pedoman Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: CV Widina Media Utama.
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Nurhazizah. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematika Awal melalui Strategi Pembelajaran Kinestetik. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 331–340.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.
Sutini et al. (2017). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika di Taman Kanak-Kanak Gembala Baik Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3), 1–8.
Syukri. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Bergambar Di Tk Bunaya Syukri. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Zakiah & Khairi. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El Midad, 11(1), 85–100. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1906