UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MELALUI PEMBIASAAN MEMBUANG SAMPAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKQ RINJANI KLARI
Keywords:
Kemandirian Anak, Pembiasaan Membuang Sampah, Pengembangan KarakterAbstract
Kemandirian anak usia dini merupakan aspek penting dalam pengembangan karakter dan keterampilan hidup sehari-hari. Di TKQ Rinjani Klari, perhatian khusus diberikan untuk mengajarkan anak usia 5-6 tahun tentang pentingnya membuang sampah dengan benar sebagai bagian dari pembelajaran kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TKQ Rinjani Klari melalui pembiasaan membuang sampah. Kemandirian merupakan keterampilan penting yang perlu dikembangkan sejak dini untuk membentuk karakter dan tanggung jawab anak. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun dalam membuang sampah di kelompok B TKQ Rinjani Klari melalui pembiasaan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada kondisi awal, kemandirian anak masih rendah, dengan banyak anak yang belum berkembang dalam hal inisiatif, konsistensi, dan keterampilan membuang sampah secara benar. Penerapan metode pembiasaan yang melibatkan praktek langsung dan bimbingan oleh guru menunjukkan peningkatan signifikan. Setelah dua siklus, terjadi perbaikan yang jelas dalam kemandirian anak. Di siklus II, kemandirian anak dalam membuang sampah meningkat secara signifikan, dengan anak-anak menunjukkan peningkatan dalam berinisiatif, bertanggung jawab, dan terampil dalam memilah sampah.
References
Aliyanti, A., & Sumanto, R. P. A. (2023). Implementasi Layanan Asah, Asih, Asuh sebagai Komitmen Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6818–6830. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5729
Ambarsari, E., Syukri, M., & Miranda, D. (2014). Peningkatan kemandirian anak melalui metode pembiasaan usia 4- 5 tahun di taman kanak kanak mujahidin i. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(9), 1–13.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Ashuri, M., & Damara, T. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Al- Qur ’ an Dan Hadist. JIEEC Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 1–10.
Depdiknas. (2005). Kurikulum 2004 standar kompetensi TK dan RA. Dirjen Diskdakmen.
Fitriani, D. N., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Upaya Guru Dalam Mengoptimalkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Izzah Kota Serang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 21. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.2020
Halimatussa’diah, Y., & Napitupulu, R. H. M. (2023). Penerapan Metode Pembiasaan untuk Mendorong Perkembangan Kemandirian Anak. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 90–96. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3147
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Maria Magdalena, Puspitasari, I., Hastuti, D., & Sofyan, I. (2023). Aulad : Journal on Early Childhood Strategi Ibu Bekerja dalam Menanamkan Kemandirian pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad : Journal on Early Childhood, 6(3), 372–385. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.542
Nabila, Z. N., Saepudin, A., & Mulyani, D. (2023). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bermain dengan Alat Permainan Edukatif di TK Melati Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Early Childhood Teacher Education, 3(1), 123–131.
Nurfaidah, N., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(3), 304–313. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.3.2023.3148
Pahrur Razi, Surayah, W. (2020). Promosi Kesehatan Dengan Pola Asah, Asih Dan Asuh Dalam Meningkatkan Kemandirian Menyikat Gigi Pada Anak Usia Dini Di TK Khalifah 2 Jambi Tahun 2019. Jurnal Salam Sehat Masyarakat (JSSM) VOL, 1(2), 7–12.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Ratnawatiningsih, E., & Hastuti, A. P. (2022). Penanaman Karakter Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat di RA Miftahul Falah Gondosuli Pendahuluan. JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipliner Vol., 1(1), 44–52.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Sari, Y. Y., Dhitia Putri Ulfani, Muhammad Ramos, & Padli. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657
Talango. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454