MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI IN HOUSE TRAINING APLIKASI CANVA

Authors

  • Iit Yuheti STIT Rakeyan Santang
  • Asep Supriatna STIT Rakeyan Santang
  • Marwah Triyati STIT Rakeyan Santang

Keywords:

In House Training, Kreativitas Guru, Media Pembelajaran Canva

Abstract

Guru yang kreatif mampu memenuhi kebutuhan peserta didiknya dengan mengembangkan materi pembelajaran yang menarik, interaktif, dan kontekstual. Alat bantu pendidikan modern berpotensi untuk menarik minat peserta didik, membuat mereka terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dan memperjelas konsep yang kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan instruktur dalam membuat materi pembelajaran In House Training (IHT) menggunakan Canva. Pada tahap pra siklus, peneliti hanya menilai tingkat keterampilan Canva yang dimiliki instruktur. Hasilnya sangat mengecewakan, dengan skor rata-rata 4,1 atau 41,66% dari skor tujuan maksimum 8, yang menunjukkan bahwa guru tidak memiliki kemampuan yang diperlukan. Untuk membantu pendidik menjadi lebih mahir menggunakan Canva pada siklus pertama, peneliti menawarkan pelatihan IHT. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang nyata; skor rata-rata naik dari 4,1 atau 41,66% pada prasiklus menjadi 5,5 atau 77,5% pada siklus I, yang menunjukkan peningkatan keterampilan sebesar 35,84%. Hasil dari siklus II studi observasional menunjukkan perkembangan yang lebih besar; Kemampuan guru dalam menggunakan Canva untuk membuat materi ajar mencapai 7,7 atau 93,33% dari target skor maksimal 8. Terjadi peningkatan sebesar 15,83% dari siklus I ke siklus ini.

References

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. Jumadil: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Dermawanto. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Canva Melalui in House Training (Iht) Di Sd Negeri 6 Lanjas Tahun Pelajaran 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(1), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4168

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. Injosedu: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Miftah & Nur Rokhman. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(9), 641–649. https://doi.org/https://doi.org/10.55904/educenter.v1i9.92

Monoarfa & Haling. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. SEMINAR NASIONAL 2021, 10, 1085–1092.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Pentury. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Syach, A. (2025). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Sub Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 99–113.

Tanjung, R. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v4i1.554

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Yuliana et al. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 247–257. https://doi.org/https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1025

Downloads

Published

2025-02-28

Issue

Section

Artikel

How to Cite

MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI IN HOUSE TRAINING APLIKASI CANVA. (2025). Plamboyan Edu, 3(1), 28-41. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/plamboyan/article/view/125

Most read articles by the same author(s)