MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK B-1 MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD ASSOBUR NIHAYATUL AMAL
Keywords:
Anak Usia Dini, Kepercayaan Diri, Bermain PeranAbstract
Salah satu karakter anak yang sangat penting adalah sikap percaya diri, kepercayaan diri adalah suatu keyakinan dan sikap yang dimiliki individu dimana individu tersebut yakin terhadap kemampuan diri sendiri, optimis, dan mampu mengembangkan dirinya dalam menghadapi situasi dengan sebaik mungkin. Berdasarkan obeservasi awal yang dilakukan dikelompok B-1 (usia 5-6 tahun) di PAUD Assobur Nihayatul Amal, dari 15 anak terdapat 12 anak yang tidak memiliki kepercayaan diri dengan baik saat belajar. Masih ada anak yang malu untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dan malu untuk tampil di depan kelas. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok B-1 (usia 5-6 tahun) melalui bermain peran di PAUD Assobur Nihayatul Amal Kecamatan Karawang Timur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B-1 (usia 5-6 tahun) di PAUD Assobur Nihayatul Amal yang berjumlah 15 anak. Objek penelitian adalah meningkatkan kepercayaan diri anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumendasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri anak meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kepercayaan diri adalah 20%, pada Siklus I meningkat menjadi 46,67% dan pada Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu 86,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bermain peran dapat meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok B-1 (usia 5-6 tahun) di PAUD Assobur Nihayatul Amal Kecamatan Karawang Timur.
References
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Aryenis, A. (2018). Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Restu Ibu. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 5(2), 47–60. https://doi.org/10.24036/103726
Asep & Surya. (2023). Pedoman Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: CV Widina Media Utama.
Febrisma, N. (2013). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 109–121.
Gufron. (2019). Kepercayaan Diri. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 1689–1699.
Halifah, S. (2020). Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3), 35–40. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1150
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Nasem, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Petualangan Maharaja. Jurnal Tahsinia, 3(2), 107–116.
Nikmah, F., Izzati, U. A., & Darminto, E. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Berbasis Profesi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 295–308. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.487
Nurpalah, R., & Setyawidianingsih, N. N. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa MTs Di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 1(2), 353–364.
Peraturan Pemerintah RI. (2003). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional (PP Nomer 20 Pasal 1 butir 14 dan Pasal 28 Ayat 3 Tahun 2003).
Pohan, E. J. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Pengembangan. PT RajaGrafindo Persada.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Utami, R. W. T., Hanafi, M., & Kriswoyo, P. G. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Percaya Diri Pada Anak Usia Pra Sekolah (4-5 Tahun) Di Pendidikan Anak Usia Dini Insan Harapan Klaten. The Soedirman Journal of Nursing), 12(2), 84–92.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Winarsih, W. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Vektor Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas X Mia Sman 1 Balai Riam Tahun Pelajaran 2021/2022. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 64. https://doi.org/10.52947/meretas.v9i1.284
Wiyani, A. N. (2014). Mengelola Dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media.