MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DENGAN MEMASANG GAMBAR HURUF HIJAIYAH DI PAUD PLAMBOYAN 3
Keywords:
Hijaiyah, Memasang Gambar, MembacaAbstract
Belajar membaca huruf hijaiyah untuk anak usia dini merupakan suatu dasar dari membaca Al-Qur’an. Masalah yang diangkat oleh peneliti dari penelitian ini adalah kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Plamboyan 3 Karawang. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan strategi memasang gambar huruf hijaiyah di PAUD Plamboyan 3, karena dari 11 peserta didik hanya ada 2 anak-anak yang berkreasi sesuai dalam asumsi membaca huruf hijaiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran atau penyelesaian masalah dalam suatu kelompok atau mata pelajaran dengan cara mengamati tingkat keberhasilan atau akibat dari suatu tindakan dan kemudian memberikan dukungan tambahan atau perubahan dan keadaan guna memperoleh hasil yang baik. Sebelas anak kelompok A PAUD Plamboyan 3 Karawang usia 4-5 tahun menjadi fokus penelitian ini. Ada tujuh laki-laki dan empat perempuan dalam kelompok itu. Temuan penelitian ini menunjukkan hal itu anak usia dini dalam menggunakan metode memasang gambar huruf hijaiyah sangat antusias dan mau ikut partisipasi. Hal ini dapat dilihat dari siklus 1 yaitu dengan keberhasilan 2 orang anak dengan presentase 18% dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Sedangkan pada siklus 2 mendapatkan presentase yaitu 27 % yang terdiri dari 3 orang anak dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).
References
’Afiifah, I. N., & Yahya, M. S. (2020). Konsep Belajar Dalam Al-Qur’an Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 (Studi Tafsir Al-Misbah). Arfannur, 1(1), 87–102. https://doi.org/10.24260/arfannur.v1i1.161
Alfiah. (2015). Hadist Tarbawi (Pendidikan Islam dalam Tinjauan Hadist Nabi). Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Dicky Adinata, A., & Sari, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah Untuk Kelas 1 di SDIT Daarussalam Berbasis Augmented Reality. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 5(1), 1–11.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.
Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.
Hafidhoh, H., & Mazidah, N. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Anak Usia Dini Melalui Kartu Berwarna Di TK Harapan Bangsa Tlogowungu Pati. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 68–76.
Hakim, P. R. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Kata Bergambar. 1(1), 51–61.
Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Komariyah, K., Sagala, R., Anggraini, H., & Rahimah, R. (2021). Iqra Sebagai Salah Satu Cara Mengenalkan Huruf Hijaiyah. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 281–290. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.11287
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Musyadad, V. F. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN Kertamukti. Jurnal Tahsinia, 2(1), 85–96.
Nasem, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Petualangan Maharaja. Jurnal Tahsinia, 3(2), 107–116.
Ningsih, I. W. (2020). Konsep Hidup Seimbang Dunia Akhirat Dan Implikasinya Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 1(2), 128–137.
Ningsih, I. W. (2022). The Concept Of Education Curriculum In The Perspective Of Ali Ahmad Madzkur. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah., 5(1), 27–37.
Ningsih, I. W. (2023). The Use of the Tilawati Mobile Android Application as an Effort to Assist the Learning Process of Reading the Qur’an for the Elderly Community in the Bogor Mengaji Class. Teumulong: Journal of Community Service, 1(2), 82–91.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen pembelajaran membaca Al-Qur’an berbasis andragogi dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an masyarakat lanjut usia: Penelitian program Bogor Mengaji di Kota Bogor. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nirwana, N., R, N., Mulyadi, M., & Minarni, M. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek di Paud KB Atirah Kabupaten Pangkaje dan Kepulauan. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 5(1), 76–84. https://doi.org/10.59638/aijer.v5i1.413
Noor, Muhammad; Lutviani, Risenna, M. (2016). Aplikasi Pintar Membaca Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Sains & Informatika, 2(2), 98–106.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Purnamasari, T. P, Bariah, O & Riana, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Puzzle dalam Membaca Huruf Hijaiyyah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1349–1358.
Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.
Setianingsih. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Tilawati Pada Anak Kelompok B6 Di Tk Aba Karangkajen Yogyakarta Improving the Ability To Read Letters Hijaiyah Children in Group B6. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(5), 327–336.
Sulaeman, D., Rifki, M., & Utami, D. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Pembuatan Kembang Kelapa Pada Kelompok a Di Tk. 2(1), 55–68.
Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.
Tanjung, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82–91.
Tanjung, R. (2021). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri Pasirkaliki II Karawang. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Vera Anaiza, I., Rahmi, R., & Fitriah, D. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini Melalaui Media Big Book Pada Anak Kelompok B1 Tk Kemala Bhayangkari I Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 1–10.
VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.