MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA TIMBANGAN PINTAR
Keywords:
Matematika Anak Usia Dini, Media, Timbangan PintarAbstract
Memperkenalkan matematika kepada anak sejak usia dini membantu mereka mengembangkan keterampilan hidup yang berguna di masa depan. Hal ini dikarenakan dasar matematika yang kuat yang diajarkan kepada anak usia dini akan menjadi dasar belajar matematika pada jenjang pendidikan berikutnya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif pemanfaatan media timbangan pintar dalam meningkatkan kemampuan matematika pada anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan ini dilaksanakan dua siklus di kelompok A PAUD Assobur Nihayatul Amal Karawang. Semuanya dilakukan sesuai dengan rencana pembelajaran sebelumnya saat kegiatan dilaksanakan. Berdasarkan hasil wawancara bahwa pemanfaatan media timbangan pintar efektif dalam meningkatkan kemampuan matematika anak usai dini. Pemanfaatan media timbangan pintar dalam setiap siklusnya secara signifikan meningkatkan kemampuan matematika anak usia dini. Dari hasil pengamatan, proses belajar berjalan menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak usia dini. Matematika menjadi lebih menyenangkan, anak-anak lebih terlibat menggunakan media, dan kegembiraan mereka dalam belajar terlihat jelas. Sehingga terbukti bahwa kemampuan matematika anak usai dini meningkat melalui pemanfaatan media timbangan pintar. Setelah diterapkan pemanfaatan media timbangan pintar hasil kemampuan matematika anak pada siklus I mencapai 62.5%, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,17%.
References
Cecep, C. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70.
Depdiknas. (2007). Pedoman Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak- kanak. Depdiknas Dirjen Manpendasmen Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini (Edisi Pert). Kencana.
Fahmi, A. I. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Kartu Angka Di Kelas B Ra Aisyah Kecamatan Telukjambe Barat. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 2(2), 133–142.
Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak - Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai, I(Jurnal Paud Tambusai), 49–54.
Fizriyani, W. (2023). Ini Pentingnya Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari. Republika.
Hasanah, N., & Fitrianti, H. (2019). Melalui, Mengenal Matematika Anak Usia Dini (Pattern), Kegiatan Mengurutkan PolaTitle. IJECES, 2(1).
Hasbi, M., & Rakhmawati, E. . (2020). Bermain Matematika yang Menyenangkan dengan Anak di Rumah. Kemendikbud.
Hendar, Tanjung, R., Arini, D. A., Syahid, A., & Rudiyana. (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tahsinia, 3, 1–10.
Jayanti, Y. R. T., Lestariningrum, A., & Nugroho, I. H. (2022). Improving Early Children’s Mathematics Ability Through Natural Materials Learning Sources. Early Childhood Education and Development Journa, 14–24.
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138
Kania, G., & Yusuf, R. N. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Dengan Menggunakan Media Papan Hubung Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Tahsinia, 4(1), 71–81.
Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.
Lisdiani, R., Mulyana, E. H., & Lidinillah, D. A. M. (2021). Pengembangan Media Neraca Lengan Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini. 1, 75–91.
Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.
Purnama, S., Rochmadeny, P. S., & Pratiwi, H. (2020). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Sarahaswati, L, H. (2019). Mengenal Keaksaraan Di Taman Kanak-Kanak. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak Dan Pendidikan Luar Biasa.
Sulaeman, D. (2022). Penanaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Mengukur Menggunakan Model Explicit Instruction. Jurnal Tahsinia, 3(1), 45–52.
Sulaiman, S., & Mania, S. (2020). Pengantar Meteologi Penelitian : Panduan Bagi Peneliti Pemula. Pusaka Almaida.
Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.
Ulya, A. C., & Zulminiati. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Kemampuan Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak. Early Chilhood : Jurnal Pendidikan, 6(1), 2022.
Utoyo, S. (2018). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Ideas Publishing.
Utoyo, S., & Arifin, I. N. (2017). Model Permainan Kinestetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11, 323–332.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widiana, Y. W., Kania, G., & Sumarti, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bidang Geometri Dan Angka Melalui Media Geoboard. Tahsinia, 4, 61–70.