METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DIBANTU DENGAN MEDIA SMART HOME DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI
Keywords:
Total Physical Response, Media Smart Home, Kosakata Bahasa Inggris, Anak Usia DiniAbstract
Kurangnya kemahiran dalam kosakata bahasa Inggris di antara siswa kelompok A di RA Bintang Annisaa mendorong penyelidikan ini. Tampaknya anak-anak tidak merespons sama sekali, mereka bingung dengan arahan, dan mereka belum menghafal bahasa Inggris. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memastikan apakah kosakata bahasa Inggris anak usia dini dapat ditingkatkan dengan penggunaan permainan edukasi interaktif yang mencakup media Smart Home dan pendekatan Total Physical Response. Saat belajar bahasa Inggris, teknik TPR mendorong siswa untuk mengoordinasikan suara, bahasa tubuh, dan pengucapan perintah. Agar TPR lebih menarik dan dapat diterapkan untuk anak-anak, Smart Home Media digunakan. Untuk menentukan apakah teknik TPR, ketika ditambah dengan media Smart Home, berhasil dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak-anak kecil, penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, metodologi deskriptif kualitatif. Delapan siswa membentuk kelompok A, dan mereka semua berada dalam kelompok usia empat hingga lima tahun. Pemrosesan dan analisis data mengungkapkan bahwa pra-tindakan mencapai 41%. Dari siklus I hingga siklus II, penggunaan media Smart Home bersamaan dengan pendekatan TPR dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini hingga 58% hingga 76%. Para siswa benar-benar terlibat, mereka bersemangat dalam belajar, dan mereka dapat mengikuti arahan dalam percakapan. Bagi para pendidik yang ingin meningkatkan efektivitas pengajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini, pendekatan TPR, yang dilengkapi dengan media Smart Home, dapat menjadi model untuk rencana pelajaran baru.
References
Aida. (2022). Optimalisasi Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di TK Negeri Pembina Medang Kampai Dumai. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1–11.
Aini et al. (2023). Meningkatkan Kosakata dan Pelafalan Bahasa Inggris melalui Media Bergambar dan Video di TK AS-Salam. DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 25–29.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Asep & Surya. (2023). Pedoman Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: CV Widina Media Utama.
Astutik & Aulina. (2018). Metode Total Physical Response (TPR) Pada Pengajaran Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(2), 1–11.
Chaer. (2019). Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadlan & Nopriansyah. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 137–151.
Hafidah & Dewi. (2020). TPR (Total Physical Response) Method On Teaching English To Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(1), 9–17.
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Kartinah. (2018). Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Metode Storytelling Berbantu Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Mahmud. (2019). Teori Belajar Bahasa. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Mulyanah et al. (2018). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 175–185.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Purwa et al. (2021). Metode Pembelajaran Total Physical Response Pada Peserta Didik. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 269–277.
Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Sulaeman, D. (2021). Manajemen Satuan PAUD ditinjau dari Standar Pengelolaan dalam Peningkatan Mutu Kelembambagaan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 458–462.
Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Susanti et al. (2023). Pelatihan Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris untuk Anak-anak Dengan Metode Total Physical Response (TPR). BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 205–216.
Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Ulya & Ichsan. (2021). Pengaruh Metode Total Physical Response pada Perkembangan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 235–245.