UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF

Authors

  • Cecep Wahyu Hoerudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media Pembelajaran Kartu Huruf

Abstract

Pelaksanaan  pengabdian pada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan membaca siswa rendah adalah proses pembelajaran masih menggunakan media konvensional yaitu dengan menggunakan papan tulis dan pembelajaran hanya berpusat kepada guru serta membuat siswa pasif. Tujuan pengabdian yakni sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran kartu huruf. Metode pelaksanaan pengabdian yakni dengan 3 tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan terlihat bahwa peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas I melalui media pembelajaran kartu huruf dapat terwujud berkat peran aktif guru melakukan langkah-langkah pembelajaran yang sistematis dan terarah mulai tahap perencanaan yaitu menelaah kurikulum, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan membuat lembar pengamatan, tahap pelaksanaan pembelajaran yang mencakup aktivitas guru membuka pembelajaran, memberikan apersepsi, menyajikan materi dengan metode yang bervariasi yaitu ceramah, demonstrasi, diskusi dan pemberian tugas serta memberi evaluasi serta memperbaiki jawaban siswa yang belum tuntas.

References

Aminulloh, M. R. (2023). Analisis Bibliometrik Penerapan Educational Policy Implementation terhadap Merdeka Belajar–Kampus Merdeka. Ministrate: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 5(2), 126–145.

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Heryati, Y. (2022). The Implementation of Character Education on Bahasa Indonesia through Active Learning in Elementary Schools. Proceedings of the 1st Bandung English Language Teaching International Conference (BELTIC 2018) - Developing ELT in the 21st Century.

Hoeruddin, C. W. (2011). Menumbuhkembangkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa dan Budaya. Prosiding Seminar Nasional. Padang. Sukabina Press Padang.

Hoerudin, C. W. (2001). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Dalam Membaca Pemahaman Di SMU. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hoerudin, C. W. (2010). Pengembangan Membaca Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Peningkatan Kapasitas Berpikir Kritis. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(2).

Hoerudin, C. W. (2012). Teori Belajar dan Model Pembelajaran Paud. Bandung: FKIP Uninus Bandung.

Hoerudin, C. W. (2013). Pengembangan Karakter Melalui Teks Wacana Sastra pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding PG PAUD FKIP Uninus.

Hoerudin, C. W. (2017). Mata Kuliah Umum Pengembangan Karakter: Bahasa Indonesia. Jakarta: Semiotika.

Hoerudin, C. W. (2018). Kinerja Belanja Daerah Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 10(2), 108–115.

Hoerudin, C. W. (2019). Implementatiton Of Admission Policy For New Students With Zonation Systems In Indonesia. International Journal of Humanities and Social Sciences (IJHSS), 8(5), 17–24.

Hoerudin, C. W. (2020). Education and Motivation: How to Make Pupils Interested? International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(1), 1329–1339.

Hoerudin, C. W. (2021). Implementasi Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional Dan Sarana Penguatan Karakter Masyarakat. Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 4(2), 24–31.

Hoerudin, C. W. (2022). Tren Media Sosial Youtube dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar. Insan Kamil: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–7.

Hoerudin, C. W. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 59–68.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Pikri, F. (2022). Policy Implementation in Preventing Plagiarism in Students in the Digital Age. Iapa Proceedings Conference, 234–242.

Puspita, R. D. (2020). Integrating Thematic Instruction Using Webbed Curricula Model to Improve Students’ Reading Comprehension on Informational Text. Anatolian Journal of Education, 5(2), 1–18.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Simbolon, B. R. (2023). E-Learning: Succeeding amid the pandemic period, forgotten in the Post-Pandemic Era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 903–910.

Sudrajat, R. T. (2021). Pengembangan model perkuliahan daring dalam meningkatkan berpikir Hots melalui pemahaman isi bacaan Mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi Tahun 2020. Semantik, 10(2), 155–162.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Yuliani, Y. (2022). Pedagogical Social Interaction Communication Model in Developing Islamic National Education. ITALIENISCH, 12(1), 526–532.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF. (2023). Jurnal Bakti Tahsinia, 1(2), 89-99. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/jbt/article/view/71

Most read articles by the same author(s)