UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Cecep Wahyu Hoerudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Berbicara, Bahasa Indonesia, Anak Usia Dini

Abstract

Keterampilan berbahasa dan kelancaran kegiatan belajar mengajar, dibutuhkan sebuah media agar dapat berjalan efektif dan lancar. Media pembelajaran sangat penting agar proses belajar mengajar bisa tersampaikan dengan baik. Hal ini termasuk pada pembelajaran pada anak usia dini, terkait kemampuan berbahasa Indonesia. Tujuan pengabdian yakni untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Indonesia pada anak usia dini. Metode pelaksanaan pengabdian yakni dengan 3 tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan terlihat bahwa penggunaan media gambar dapat mengembangkan bahasa anak usia dini dengan hasil sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya perkembangan bahasa anak usia dini yang mana pada awal proses pengabdian dapat diketahui anak kesulitan berbicara Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya anak kurang aktif dan kurang fokus dalam menerima pembelajaran khususnya mengenal kosa kata.

References

Aminulloh, M. R. (2023). Analisis Bibliometrik Penerapan Educational Policy Implementation terhadap Merdeka Belajar–Kampus Merdeka. Ministrate: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 5(2), 126–145.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan Peningkatan Inovasi Produk Makanan Khas Subang Jawa Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1094–1106.

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Heryati, Y. (2022). The Implementation of Character Education on Bahasa Indonesia through Active Learning in Elementary Schools. Proceedings of the 1st Bandung English Language Teaching International Conference (BELTIC 2018) - Developing ELT in the 21st Century.

Hoeruddin, C. W. (2011). Menumbuhkembangkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa dan Budaya. Prosiding Seminar Nasional. Padang. Sukabina Press Padang.

Hoerudin, C. W. (2001). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Dalam Membaca Pemahaman Di SMU. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hoerudin, C. W. (2010). Pengembangan Membaca Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Peningkatan Kapasitas Berpikir Kritis. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(2).

Hoerudin, C. W. (2012). Teori Belajar dan Model Pembelajaran Paud. Bandung: FKIP Uninus Bandung.

Hoerudin, C. W. (2013). Pengembangan Karakter Melalui Teks Wacana Sastra pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding PG PAUD FKIP Uninus.

Hoerudin, C. W. (2017). Model Kebahasaan Berkarakter dalam Mengembangkan Aspek Nilai, Agama, dan Moral Anak Usia Dini. Educhild Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–12.

Hoerudin, C. W. (2020). Analisis Metode Pengukuran Kemampuan Berbahasa Bagi Anak: Studi Pada Anak Penderita Autis. Media Bina Ilmiah, 14(11), 3537–3543.

Hoerudin, C. W. (2021). Implementasi Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional Dan Sarana Penguatan Karakter Masyarakat. KELOLA: Jurnal Ilmu Sosial, 4(2), 24–31.

Hoerudin, C. W. (2022). Pengaruh Gadget terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Izzan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 43–47.

Hoerudin, C. W. (2023). Penerapan Media Vocabulary Card Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Plamboyan Edu, 1(2), 208–219.

Marlina dkk. (2018). Kemampuan Bercerita Siswa SD Menggunakan Buku Pop Up. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 84–99.

Mawati, A. T. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69–82.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran. Jakarta Rineka Cipta.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Pikri, F. (2022). Policy Implementation in Preventing Plagiarism in Students in the Digital Age. Iapa Proceedings Conference, 234–242.

Puspita, R. D. (2020). Integrating Thematic Instruction Using Webbed Curricula Model to Improve Students’ Reading Comprehension on Informational Text. Anatolian Journal of Education, 5(2), 1–18.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Simbolon, B. R. (2023). E-Learning: Succeeding amid the pandemic period, forgotten in the Post-Pandemic Era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 903–910.

Sudrajat, R. T. (2021). Pengembangan model perkuliahan daring dalam meningkatkan berpikir Hots melalui pemahaman isi bacaan Mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi Tahun 2020. Semantik, 10(2), 155–162.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Yuliani, Y. (2022). Pedagogical Social Interaction Communication Model in Developing Islamic National Education. ITALIENISCH, 12(1), 526–532.

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI . (2023). Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 59-68. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/jbt/article/view/404

Most read articles by the same author(s)