MENUMBUHKAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK MELALUI PEMBIASAAN MAKAN BERSAMA
Keywords:
Berbagi, Makan Bersama, Pembiasaan, EmpatiAbstract
Penelitian ini di latarbelakangi karena kesadaran tentang berbagi bekal makanan belum berjalan dengan baik pada anak usia 5 – 6 tahun seharusnya anak sudah muncul tentang rasa kasihan, rasa keperdulian terhadap teman, anak - anak di PAUD Mutiara masih belum muncul sifat perduli dan sifat mau berbagi. Perlu adanya stimulasi dari guru di sekolah dan orang tua di rumah. Tujuan penelitian yaitu menumbuhkan kemampuan empati melalui berbagi dengan pembiasaan kegiatan makan bersama. Teori yang digunakan yaitu empati, anak usia dini, pembiasaan, dan kegiatan makan bersama. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Objek penelitian adalah siswa kelompok B di PAUD Mutiara. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang diperoleh dari lapangan adalah: 1) Kondisi awal dari kemampuan empati melalui berbagi dengan pembiasaan kegiatan makan bersama memperoleh prosentase 26 % pada pra tindakan, 2) Penerapan berbagi dalam meningkatkan kemampuan empati dengan cara melakukan pembiasaan kegiatan makan bersama pada saat jam istirahat. 3) Hasil dari penerapan berbagi melalui pembiasaan kegiatan makan bersama dalam meningkatkan kemampuan empati terdapat peningkatan dengan prosentase 52 % pada siklus I dan pada siklus II terdapat penigkatan menjadi 78 %. Kesimpulan dari hasil pengolahan data kemampuan empati yang dapat ditumbuhkan adalah siswa memiliki rasa toleransi, kasih sayang, memahami kebutuhan orang lain, mengelola emosi untuk dapat bersikap peduli, prilaku relatif menetap, meningkatkan komunikasi, mengembangkan ketrampilan sosial dan hubungan baik. Penilaian hasil penlitian ini yaitu berkembang sangat baik (BSB).
References
Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD.
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.
Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87.
Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 30–39.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.
Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Supriatna, A. (2022). Upaya Melatih Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Tahsinia, 3(1), 37–44.
Syach, A., Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Yusuf, R. N. (2021). Upaya Menumbuhkan Kesalehan Sosial melalui Program Peduli Yatim. Jurnal Abdidas, 2(3), 694–699.
Syawalani Idwar, F. (2023). Berkah Berbagi. Direktorat Pendidikan Agama Islam.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.
Yusuf, R. N. (2021). Implikasi Asumsi Konsep Diri Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1144–1151.