UPAYA MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT PADA KELAS IV A MI NEGERI 2 KARAWANG
Keywords:
Menumbuhkan Karakter, Disiplin, Reward, PunishmentAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aspek karakter saat ini merupakan aspek sangat penting untuk generasi milenial sebagai generasi penerus bangsa, karena generasi penerus ini akan menjadi tolak ukur keberhasilan kemajuan sebuah bangsa. Sebagai penerus cita-cita luhur bangsa diharapkan generasi muda dapat memberikan kontribusi baik sikap maupun perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya menumbuhkan karakter disiplin melalui reward dan punishment pada kelas IV A MI Negeri 2 Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter religius, disiplin dan tanggung jawab, masih rata-rata dibawah kriteria yang diharapkan karena belum tumbuhnya karakter dalam diri setiap peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan karakter peserta didik melalui Reward dan Punishment. Diperoleh data sebagai berikut: dari 25 peserta didik rata-rata hanya ada 6 (enam) peserta didik atau 24% memiliki karakter dasar selama pembelajaran dan berinteraksi dengan lingkungan kelas, sedangkan 76% masih belum terbentuk karakter yang baik. Sedangkan pada siklus I ini menunjukkan bahwa penerapan Reward dan Punishment, untuk proses lanjutan menumbuhkan karakter Religius, Disiplin dan Tanggung Jawab. Pada siklus I ini mengalami peningkatan indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu karakter religius mencapai 60%, karakter disiplin mencapai 80%, dan karakter tanggung jawab mencapai 68%. Oleh karena itu menumbuhkan karakter melalui Reward dan Punishment untuk meningkatkan hasil penelitian perlu dilanjutkan pada siklus II. Beberapa kendala yang harus diselesaikan pada pembelajaran siklus II antara lain berdasarkan hasil observasi pada siklus I kesadaran dan keterlibatan peserta didik dalam kedisiplinan, religius, dan tanggung jawab individu.
References
Ali. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifudin, O. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Astutik, S. P. (2018). Implementasi Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta didik di Ma’had Al-Jami’ah Ulil Alil Absar IAIN Ponorogo Tahun 2017/2018 (Skripsi). Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Departemen Agama RI. (2004). Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Jumanatul Ali Art (JART).
Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.
Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.
Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.
Hanifah, N. (2019). Penerapan Reward dan Punishment dalam Menumbuhkan Karakter Mulia Peserta didik di Pesantren Darus Sunnah (Skripsi). Jakarta: Universita Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.
Hoerudin, C. W. (2017). Mata Kuliah Umum Pengembangan Karakter: Bahasa Indonesia. Jakarta: Semiotika.
Kemendikbud. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Gramedia: Pustaka Utama.
Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.
Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.
Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.
Mediartika & Aznam. (2018). Pengembangan instrumen penilaian portofolio berbasis multiple intelligence untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 52–63.
Montessori. (2020). Dr. Montessori’s Own Book (Edisi Pertama). Bandung: Bentang Pustaka.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.
Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.
Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.
Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16.
Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.
VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.
Wahyuni, T. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung. (Skripsi). Bandar Lampung: UIN Raden Intan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Een Kurniasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











