IMPLEMENTASI DAN PENERAPAN KITAB AKHLAQU LIL BANIN BAB ADABUT TILMIDZI MA`A USTADZIHI DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-MUSHLIH

Authors

  • Hendar Hendar STIT Rakeyan Santang
  • Hani Nurhayanti STIT Rakeyan Santang
  • Ruhama Kamila STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Implementasi, Akhlaqu Lil Banin, Adabut Tilmidzi

Abstract

Budi pekerti merupakan salah satu masalah paling utama dalam kehidupan ini. Pendidikan akhlak sangatlah berperan penting dalam proses pengembangan moril tersebut. Akhlak ialah ukuran baik buruk perbuatan menurut agama Islam. Penelitian ini tentang Adab Murid Terhadap Guru dalam Kitab Akhlaq Lil Banin Karangan Umar Bin Ahmad Baraja. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji adab murid terhadap guru menurut Umar bin Ahmad Baraja dalam kitab karangannya (akhlaq lil banin). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dari kitab aklhlaqu lil banin karya Syaikh Umar Bin Ahmad Baradja dan untuk penelitian empirik digunakan teknik wawancara dan observasi dari wawancara guru/ustadz dan observasi langsung ke tempat penelitian. Hasil penelitian di madrasah ibtida’iyah Al-Mushlih Telukjambe Timur karawang setelah murid/santri megikuti proses belajar dan mencontoh keseharian dan prilaku gurunya maka murid memahami kitab akhlaqu lilbanin bab adabut tilmidzi ma’a ustadzihi, karena pada dasarnya murid akan selalu mencontoh orang yang berada di lingkungannya salah satunya guru yang memberi pelajaran kepada murid tersebut.

References

Abid. (2016). Pembelajran Akhlak dengan Menggunakan Kitab Akhlak Lil Baniin di Pondok Pesantren Darut Tauchid Al ‘Alawiyah Al Awwaliyah Dawung Koripan Tegalrejo Kabupaten Magelang (Doctoral dissertation). Salatiga: IAIN Salatiga.

Abidin. (2019). Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Bagi Orang Tua Untuk Mendidik Anak Di Tpa Nurul Ihsan Desa Jenar Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun 2019 (Doctoral dissertation). Surakarta: IAIN Surakarta.

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Bafadhol. (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 19–29.

Baraja’. (1992). Al-Akhlaq Lil-Banin Jilid 1, terj. Abu Mustafa Alhalabi. Surabaya: Maktabah Ahmad Nabhan.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.

Tafsir. (2009). Pendidikan Budi Pekerti. Bandung: Maestro.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

Downloads

Published

2023-06-29

Issue

Section

Artikel

How to Cite

IMPLEMENTASI DAN PENERAPAN KITAB AKHLAQU LIL BANIN BAB ADABUT TILMIDZI MA`A USTADZIHI DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-MUSHLIH. (2023). Jurnal Primary Edu, 1(2), 134-144. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/396

Most read articles by the same author(s)