ANALISIS KINERJA MAHASISWA PESERTA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD INARATUL ISLAM PURWASARI KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Nur Chabibah STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Kinerja, Mahasiswa, Praktik Pengalaman Lapangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja mahasiswa ketika melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan/PPL mahasiswa Program Studi Strata 1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/PGMI – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah – Rakeyan Santang - Karawang. Kinerja mahasiswa diukur berdasarkan kemampuan mahasiswa dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran di kelas. Selanjutnya dianalisis untuk mengetahui korelasi antara kedua kemampuan tersebut dan korelasi antar komponen pada kedua kemampuan tersebut. Sampel penelitian di Sekolah Dasar / SD Alam Inaratul Islam Purwasari berjumlah 4 mahasiswa dari 27 mahasiswa peserta Praktek Pengalaman Lapangan/PPL Tahun Akademik 2022/ 2023. Sampel penelitian diperoleh secara proporsional random sampling. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket kepada guru-guru pamong. Pemilihan guru pamong sebagai responden dilakukan secara acak. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan korelasi Product Momen. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa 1) Kemampuan mahasiswa dalam mempersiapkan pembelajaran sudah cukup baik dengan rerata nilai sebesar 75,6%; 2) Kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran sudah cukup baik dengan rerata nilai sebesar 75,9%; 3) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan mahasiswa dalam mempersiapkan pembelajaran dengan kemampuan melaksanakan pembelajaran ketika melakasanakan Praktek Pengalaman Lapangan / PPL di sekolah latihan SD Alam Inaratul Islam Purwasari , dengan koefisien korelasinya sebesar 0,98%.

References

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.

Huda & Yudiono. (2013). Analisis Kinerja Mahasiswa Peserta PPL FKIP Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 3(2), 281–295.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (2005).

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sappaile, B. I. (2010). Konsep penelitian ex-post facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–16.

Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.

Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Usman. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Downloads

Published

2023-06-29

Issue

Section

Artikel

How to Cite

ANALISIS KINERJA MAHASISWA PESERTA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD INARATUL ISLAM PURWASARI KABUPATEN KARAWANG. (2023). Jurnal Primary Edu, 1(2), 184-195. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/227

Most read articles by the same author(s)