PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS IV B DI MI NIHAYATUL AMAL PURWASARI

Authors

  • Sarmini Sarmini STIT Rakeyan Santang
  • Rahman Tanjung STIT Rakeyan Santang
  • Nur Chabibah STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Kepemimpinan, Guru, Belajar, Siswa, Perilaku Belajar

Abstract

Perilaku siswa yang tidak efektif pada saat kegiatan belajar mengajar menginspirasi penelitian ini. Oleh karena itu, diperlukan kepemimpinan guru yang signifikan untuk keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kepemimpinan guru terhadap perilaku belajar siswa kelas IV B MI Nihayatul Amal Purwasari dan mengukur sejauh mana pengaruh tersebut. Strategi yang digunakan dalam pengujian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Dengan menggunakan persamaan Slovin, penelitian menggunakan uji probabilitas dengan metode pengujian simple random sampling pada populasi kelas IV B menghasilkan jumlah sampel sebanyak 31 orang yang dapat dijadikan sebagai responden. Pengumpulan data dengan kuesioner yang dibagikan kepada responden, dan data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengklasifikasikan data dan analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis. Uji analisis inferensial menunjukkan bahwa perilaku belajar siswa dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kepemimpinan guru. Hal ini terlihat dari perhitungan SPSS form 29, dimana uji signifikansi menghasilkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,002 lebih kecil dari 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Koefisien kepastian (R Square) sebesar 0,406 menunjukkan besarnya dampak yang menunjukkan bahwa kepemimpinan guru mempunyai dampak sebesar 40,6% terhadap perilaku belajar  siswa. Sedangkan 59,5 persen berasal dari variabel atau faktor lain yang belum diteliti.

References

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Artha Margiathi, S., Lerian, O., Wulandari, R., Putri, N. D., & Musyadad, V. F. (2023). Dampak Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 61–68.

Dewi, P., Mahrudin, A., & Indra, S. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Guru Kelas Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik Di Sd Negeri Leuwibatu 06 the Influence of Class Teacher Leadership on Students’ Learning Behavior in Leuwibatu State Primary School 06. Jurnal Sosial Humaniora, 1(4), 333–342.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Fadhly, A. (2017). Model Kepemimpinan Guru dalam Proses Pembelajaran Di Kelas pada Jenjang SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru M, 4(1), 29–44.

Ismiati, N., Mustakim, Z., Zuhri, S., & Mahmudah, U. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Menajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Di Sdi Islam 01 Ymi Wonopringgo. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(2), 60–72. https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i2.322

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Samarinda: Universitas Mualawarman.

Mansyur, A. R. (2022). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.131

Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kualitatif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 2(3), 209–218.

Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 220–229. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Saifuddin, A. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Prenada Media.

Suryadin et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sutomo, M. (2019). Kajian Konseptual Kontribusi Gaya Belajar Terhadap Perilaku Belajar. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 112–126. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.236

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Wahyuni, M. (2020). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS versi 25. Angewandte Chemie International Edition.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS IV B DI MI NIHAYATUL AMAL PURWASARI. (2025). Jurnal Primary Edu, 3(1), 48-60. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/14

Most read articles by the same author(s)