MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK BERMAIN PLAMBOYAN 3
Keywords:
Keterampilan Menulis Huruf, Media Gambar, Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di KB Plamboyan 3 ini masih tergolong kurang sehingga perlu adanya peningkatan, kurangnya kemampuan anak tersebut dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru kurang kreatif dan hanya menggunakan papan tulis sebagai media peningkatan kosakata dan menulis anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan manfaat penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan menulis anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang melibatkan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil analisis pada siklus 1 menunjukan bahwa keterampilan menulis huruf pada anak yaitu, sebanyak 1 anak (8%) yang belum berkembang, 8 anak (76%), mulai berkembang, 3 anak (25%), yang tergolong berkembang sesuai harapan, dan 2 anak (17%) yang berkembang sangat baik. Hasil analisis siklus II diperoleh data bahwa keterampilan menulis anak mengalami peningkatan yaitu jumlah anak yang tergolong belum berkembang diperoleh (0%), mulai berkembang berkurang menjadi 1 anak (8%) anak yang tergolong berkembang sesuai harapan menjadi 2 (17%) dan anak yang tergolong berkembang sangat baik meningkat menjadi 9 (75%). Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media gambar secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis anak usia 5-6 tahun, terutama dalam mengatasi kekurangan akibat kurangnya kreativitas guru dan penggunaan media yang terbatas.
References
Amaliah, F., Maedeamin, R., & Baso, B. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD No. 198 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 102.
Ananda Frasetya, S., Nuraini, V., Anggun, D., Sari, P., & Mahardika, K. (2023). Mengatasi Stunting dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Balita. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27397–27401.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Asep & Surya. (2023). Pedoman Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: CV Widina Media Utama.
Ayu Retnoningsih, D. (2019). Pembelajaran Literasi Berbasis Musik Dan Lagu Terhadap Kemampuan Bahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD , 9(2), 196–208.
Fadli, Z., Sirajuddin, N. T., & Wahditiya, A. A. (2024). English Corner: Training Reading and Writing Skills. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(2), 55–66. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i2.701
Ferawati, M. (2023). Peningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Cetak Melalui Metode Drill Kelas Ii Min 5 Kota Padang. Journal Transformation of Mandalika, 4(8), 402–413.
Haniko, P., Mayliza, R., Lubis, S., Sappaile, B. I., & Hanim, S. A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Untuk Memudahkan Guru Dalam Penyampaian Materi Dalam Pembelajaran. Community Development Journal, 4(2), 2862–2868.
Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP terhadap Materi Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165–176. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1583
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Lintang Fi Baiti Agustin, N., Muthohar, S., & Hasanah, S. (2023). Penggunaan Metode Mendongeng Kreatif dalam Meningkatkan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 876–885. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.414
Maria Magdalena, Puspitasari, I., Hastuti, D., & Sofyan, I. (2023). Aulad : Journal on Early Childhood Strategi Ibu Bekerja dalam Menanamkan Kemandirian pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad : Journal on Early Childhood, 6(3), 372–385. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.542
Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.814
Mustari, L., Indihadi, D., & Elan, E. (2020). Keterampilan Menulis Anak 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27195
Musyadad, V. F. (2021). Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 10–18.
Pammu, K. (2021). Perbandingan penggunaan media gambar dan kartu kata terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II Kabupaten Barru. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 89–100.
Pransiska, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Dis. Pemanfaatan Aplikasi Mind Master Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, 1(1), 33–42.
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Purnama, S. dkk. (2020). PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. PT Remaja Rosdakarya.
Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.567
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Sulaeman, Nurjanah, D. (2024). Buku Ajar Perkembangan Peserta Didik. PT. Sonpedia PublishingIndonesia.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Wisudayanti, K. A. (2020). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, K. Wisudayanti 2020. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 59–67.