MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA ULAR TANGGA USIA 5-6 TAHUN DI RA NURUL HUDA SIRNABAYA KARAWANG

Authors

  • Linggawati Linggawati STIT Rakeyan Santang
  • Nasem Nasem STIT Rakeyan Santang
  • Sony Kuswandi STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Kemampuan Mengenal Huruf, Media Ular Tangga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas strategi ular tangga dalam meningkatkan keterampilan pengenalan huruf pada anak usia 5 dan 6 tahun di RA Nurul Huda Sirnabaya di Kecamatan Teluk Jambe Timur, Karawang. Penelitian ini akan melibatkan 18 anak. Metodologi penelitian ini, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), didasarkan pada paradigma yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Langkah-langkah pendekatan metodologis ini adalah sebagai berikut: persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Hanya 5,56% siswa di Kelompok B-I di RA Nurul Huda Sirnabaya di Kecamatan Teluk Jambe Timur Karawang yang kompeten dalam mengenali huruf, yang menjadi dorongan untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang dilakukan sebelum tindakan apa pun dilakukan menemukan bahwa 77,78% anak tidak mencapai tingkat perkembangan yang diharapkan. Meskipun tidak semua anak menunjukkan peningkatan, 27,8% mengalami peningkatan pada Siklus I. Peningkatan ini diikuti oleh peningkatan yang lebih dramatis pada Siklus II, ketika 83,3% menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan fase pra tindakan dan Siklus I. Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa metode ular tangga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenali huruf-huruf individual.

References

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

Aristya. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Android pada Pokok Bahasan Gejala Pemanadan Global untuk Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 53–61.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Asep & Surya. (2023). Pedoman Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: CV Widina Media Utama.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(2), 66–73.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hani Subakti et al. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Hastiwi et al. (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Teori Belajar Behavioristik pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 1 Pucangagung. Syntax Idea, 3(8), 1834–1842. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1418

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kurniawati, putri. (2017). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Nasem, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Petualangan Maharaja. Jurnal Tahsinia, 3(2), 107–116.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Santoso, S. (2004). Kesehatan dan Gizi. PT Asdi Mahasatya.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Tindakan). Alfabeta.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Vortuna. (2018). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Se- the Ability To Recognize Letters in Children Aged 4-5 Years in. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 1–10.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Wati. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728

Widayanti. (2023). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 12(1), 1–9.

Winarni et al. (2023). Penerapan Media Permainan Ular Tangga Edukasi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4543–4553. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4977

Downloads

Published

2025-02-28

Issue

Section

Artikel

How to Cite

MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA ULAR TANGGA USIA 5-6 TAHUN DI RA NURUL HUDA SIRNABAYA KARAWANG. (2025). Plamboyan Edu, 3(1), 55-66. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/plamboyan/article/view/127

Most read articles by the same author(s)