PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PERMAINAN MENCAMPUR WARNA DI PAUD AS-SALAM KECAMATAN KUTAWALUYA

Authors

  • Ipah Latifah STIT Rakeyan Santang
  • Devi Sulaeman STIT Rakeyan santang
  • Fadli Rais STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Kemampuan Mengenal Warna, Permainan Mencampur Warna, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak-anak di PAUD As-Salam Kecamatan Kutawaluya melalui metode permainan mencampur warna. Latar belakang penelitian ini adalah observasi awal yang menunjukkan bahwa banyak anak-anak di PAUD As-Salam yang mengalami kesulitan dalam mengenali dan menyebutkan berbagai warna dengan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 anak usia 4-5 tahun yang terdaftar di PAUD As-Salam Kecamatan Kutawaluya. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan guru, serta dokumentasi kegiatan anak-anak selama permainan mencampur warna. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan mengenal warna anak-anak setelah diterapkannya metode permainan mencampur warna. Pada siklus I, ketuntasan kemampuan kognitif pengenalan warna mencapai 62,5%, meningkat dari prasiklus yang hanya 25%. Setelah perbaikan metode pembelajaran pada siklus II, ketuntasan meningkat lebih lanjut menjadi 87,5%, dengan tidak ada anak yang tidak tuntas. Permainan mencampur warna terbukti efektif dalam membantu anak-anak mengenali dan membedakan warna dengan lebih baik. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan minat dan motivasi anak-anak untuk belajar tentang warna. Penelitian ini menyarankan agar metode permainan mencampur warna diterapkan secara berkelanjutan dan dikombinasikan dengan metode pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak di bidang yang lebih luas.

References

Anas, A., & Aida Farhatulmillah, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.51192/almubin.v1i1.87

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

Dhika Widarnandhana, I. G., Tria Ariani, N. W., & Jayadiningrat, M. G. (2023). Peran Orangtua Dalam Persiapan Anak Usia Dini Menuju Pendidikan Sekolah Dasar. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 144–155. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3103

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Hidayah, F. (2023). Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Belajar Kelompok. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7942–7956.

Hidayana, D., Izzah, I., & Kiromi, I. H. (2024). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Warna dengan Menggunakan Media Balok pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 5(2), 1097–1104.

Hudaifah, H., & Mashudi, E. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 128–137. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1392

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 50–55.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kurniawati, putri. (2017). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Latif, A. D. A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Mengikat Tali Sepatu Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 71–79.

Meo, H., Meka, M., & Maku, K. R. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tkk Negeri Kisaraghe Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i1.285

Mulyana, E. H., Nurzaman, I., & Fauziyah, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 76–91. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7170

Ningrum, N. P. W., Pane, F. M. J., Yani, S. I., & Khadijah. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Perannya dalam Membangun Karakter dan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Nabila Putri Widya Ningrum, Fatma Mayang Jelita Pane, Seri Indah Yani, Khadijah. Tematik, 1(1), 98–102.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Salis Khoiriyati, N. F. (2013). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. SSRN Electronic Journal, 1(2), 99-117.

Santoso, S. (2004). Kesehatan dan Gizi. PT Asdi Mahasatya.

Setyani, N. H., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2023). Pengembangan Keterampilan Numerasi Dan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(3), 55–73.

Sodik, A. J., Santoso, G., Supatmi, & Winata, W. (2023). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi EfektifUntuk Kesepakatan Bersama di Kelas 4. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 4(04), 395–420.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Tindakan). Alfabeta.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

W, S. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3953–3966. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418

Wathon, A. (2021). Implementasi Metode Reward Dan Punishment Dalam Upaya Pengembangan Disiplin Anak Kelompok A. Sistim Informasi Manajemen, 4(2), 134–157.

Yenti, Y., Padang, U. N., Karakter, P., Anak, P., & Dini, U. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. 5, 2045–2051.

Downloads

Published

2025-02-28

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PERMAINAN MENCAMPUR WARNA DI PAUD AS-SALAM KECAMATAN KUTAWALUYA. (2025). Plamboyan Edu, 3(1), 42-54. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/plamboyan/article/view/126

Most read articles by the same author(s)